Berita Nasional Terpercaya

Sekati Ing Mall Segera Digelar Lagi di 3 Mall Jogja

1

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Guna mendorong kebangkitan ekonomi bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Yogyakarta, Pemerintah Kota Yogyakarta kembali menyelenggarakan Pasar Industri Kreatif bertajuk Sekati Ing Mall. Asal muasal nama “Sekati” adalah sekaten, pasar rakyat yang rutin diadakan menjelang Maulud Nabi di Alun-alun Utara pada setiap tahunnya. Prosesi sekaten tetap diadakan di Kraton Jogja namun “Sekati”  untuk membawa semangat suasana pasar malam Sekaten di pusat perbelanjaan publik.

Kepala Dinas Perindustrian Koperasi UKM Kota Yogyakarta, Tri Karyadi Riyanto menjelaskan, acara ini akan berlangsung selama 6 hari, pada 5-10 Oktober 2022. Sekati Ing Mall kembali diadakan di tiga tempat, yaitu Galeria Mall, Malioboro Mall, dan Lippo Plaza.

“Kebetulan tahun ini bertepatan dengan peringatan HUT Kota Jogja ke 266,” jelas dia, Selasa (27/9/2022).

Baca juga: Pasar Malam Sekaten Jogja Dipindah Ke Mall

Ia menjelaskan, total ada 80 UMKM lolos kurasi yang diikutsertakan. Untuk pembagiannya, terdapat 40 UMKM yang ditempatkan di Malioboro Mall, 30 UMKM di Galeria Mall, dan 10 UMKM di Lippo Plaza. Acara dilaksanakan dengan tetap menaati protokol kesehatan.

“Yang disajikan tetap kerajinan, fashion, dan kuliner. Untuk kuliner khusus di Lippo Plaza. Pada pembukaan ada bergadang yang membawa gunungan untuk diperebutkan,” jelasnya.

Baca juga: Sekati YK Ing Mall, Pasar Malam Sekaten Versi Mall Jogja

Ia berharap, para UMKM peserta pameran ini bisa bangkit dari keterpurukan. Mereka juga bisa mempromosikan produknya lebih luas.

“Kami juga mengundang asosiasi pariwisata dari daerah lain untuk menghadiri acara ini,” kata Tri. (den)

1 Comment
  1. […] Baca juga: Terlihat Sederhana, Namun Usaha Warung Gudeg Ini Menjadi Kerap Di Kunjungi Artis […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.