Berita Nasional Terpercaya

Mengintip Rangkaian Tahapan di Startup Studio Indonesia Tahun 2022

0

BERNAS.ID – Di Pertengahan tahun 2022, pemerintah lewat Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia baru menjalankan sebuah program Startup Studio Indonesia. Program ini tentunya menggandeng para talenta digital enthusiast dalam membangun startup. Setidaknya ada 15 startup yang memiliki inovasi terbaik telah dipilih.

Kelima belas startup tersebut adalah Bioma, Broom.id, CitCall, DotX, Eduku, Alterstay, Automa, Eratani, Kanva, MySkill, Nona Woman, Metion (Firm Agro Teknologi), MyRobin.id, SHAFIQ, dan Tripwe.

Mereka merupakan startup yang sudah memenuhi kriteria #GoTheExtraMiles, tapi terhambat dalam mengembangkan skala usahanya. Oleh sebab itu, nantinya pemerintah melalui program SSI ini akan memberikan bantuan program untuk mengembangkan solusi yang akan dibutuhkan para startup. Beberapa diantaranya adalah berfokus ke strategi produk, teknologi, business skill, tim dan juga marketing.

Baca Juga : Startup Agritech AgriAku Raih Pendanaan Seri A 520 Miliar untuk Pengembangan

Program diselenggarakan pada bulan Agustus lalu dan sekarang sudah sampai di Batch 5. Mungkin kamu penasaran kira-kira apa saja tahapan di dalam program itu? Berikut ada beberapa penjelasan mengenai alurnya.

Rangkaian Tahapan di SSI

Registrasi
Tahap pertama, para pemilik startup wajib melakukan tahapan pendaftaran atau registrasi startup studio Indonesia. Tahapan ini bisa dilakukan secara online yakni dengan cara mengisi berbagai informasi penting. Proses registrasi akan berjalan selama 2 bulan.

Seleksi
Setelah mendaftar maka akan ada tahap seleksi. Pengelola program nantinya akan menyeleksi ratusan maupun ribuan startup pendaftar jadi 30. Startup yang terpilih tentunya harus memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut:

– Telah berbadan hukum serta memiliki traction minimal 3 hingga 6 bulan
– Berada di dalam pendanaan Bootstrap, Angel, Pre-seed sampai seed, atau sedang cari pendanaan Seed, Pre-Series A sampai Series A
– Menunjukkan potensi untuk menuju product market fit
– Memiliki path to scalability and profitability dan mampu menunjukkan kemampuan scale up Founder telah full-time

Selain kriteria tadi, proses penyeleksian akan bergantung dengan hal lainnya. Seperti profil, identifikasi masalah, solusi, potensi sektor dan industri untuk scaling up, relevansi dari solusi pada sektor industri, dan juga diferensiasi maupun faktor lokalitas. Hasil penentuan nantinya akan didasarkan oleh dewan kurator yang berasal berbagai industri startup dan tentunya berpengalaman.

Pengumuman
Setelah proses penyeleksian selesai, kira-kira 15 hari selanjutnya akan diumumkan 30 startup terpilih. Dari 30 akan diseleksi lagi hingga menyisakan 15 startup untuk ikut Startup Studio Indonesia.

Baca Juga : Startup Lummo, Tunjuk MoEngage untuk Dorong Pertumbuhan Bisnis UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara

FGD Diagnosis Session
Lima hari berikutnya akan diadakan sesi pertama untuk Startup Studio Indonesia tahap FGD Diagnosis Session. Tahap ini berlangsung beberapa sesi yakni pengenalan, pendalaman, dan evaluasi kebutuhan dari startup.

Opening & Founder’s Camp
Setelah FGD Diagnosis Session selesai akan beselang sekitar hari lalu dilanjutkan dengan sesi berikutnya. Para founder dari startup studio Indonesia nantinya akan ikut serta dalam Founder’s Camp. Acara akan berlangsung selama 5 hari.

Sesi ini isinya berupa rangkaian mentoring bersama para pelaku industri dan berdiskusi mengenai ilmu praktis dalam mengembangkan skala usaha. Berikut beberapa topiknya:

– Product Strategy
– Fundraising (Finance & Legal)
– Marketing Customer Experience
– Product Mindset 6

1:1 Coaching
Setelah acara Founder’s Camp selesai, para founder nantinya akan masuk pada sesi 1-on-1 Coaching. Ini merupakan sesi privat untuk memperoleh konsultasi sekaligus supervisi eksekusi dengan para ahli yang ternyata sudah berpengalaman di bidang pengembangan startup.

Isinya tentang seputar strategi produk yang akan mencapai product-market-fit, pengembangan dari skala bisnis, marketing, serta pengembangan teknologi. Sesi konsultasi per-startup satu ini jadi salah satu sesi utama selama 11 minggu.

Milestone Day
Acara akan diakhiri dengan oleh Milestone Day. Ini akan jadi puncak acara. Pada sesi ini, para founder akan presentasi mengenai startup yang disertai juga dengan sesi tanya jawab bersama publik.

Bagaimana siap daftar dan jadi bagian dari Startup Studio Indonesia? Di atas tadi adalah beberapa rangkaian acara dalam program tersebut yang mungkin bisa kamu jadikan gambaran untuk mendaftar di tahun berikutnya. (***)

Leave A Reply

Your email address will not be published.