Berita Nasional Terpercaya

Rumah Terdampak Longsor Dapat Bantuan Rp50 Juta dari Pemkab Sleman

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo meninjau lokasi tanah longsor yang menimpa salah satu rumah warga di Dusun Karangtanjung, Kalurahan Pandowoharjo, Sleman, Rabu (12/10). Rumah warga tersebut pun mengalami kerusakan berat dan tidak ada korban jiwa.

Sebelumnya, akibat hujan lebat terjadi tanah longsor yang menimpa rumah warga di Dusun Karangtanjung sekira pukul 15.30 WIB, kemarin Selasa (11/10). Bupati Sleman didampingi BPBD Sleman dan Dinas Sosial Sleman.

Baca Juga Sleman Siap Menjadi Sentra Tanaman Kopi

“Kami melakukan peninjauan langsung setelah adanya laporan terjadinya longsor akibat hujan lebat. Saya bersyukur tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” tutur Kustini di lokasi longsor, Rabu (12/10).

Kustini mengatakan korban luka-luka karena peristiwa tersebut telah mendapatkan perawatan. Ia pun mengimbau warga Sleman untuk lebih waspada dari potensi dampak dari hujan lebat beberapa hari terakhir.

Kustini menuturkan Pemkab Sleman melalui BPBD Sleman akan memberikan bantuan penuh sebesar Rp 50.000.000,00 untuk perbaikan rumah yang mengalami kerusakan berat.

Baca Juga Gubernur DIY Ajak Tertib Pendataan Karya Budaya

Kepala BPBD Sleman, Makwan menjelaskan Pemkab Sleman berdasarkan Perbup No.56 tahun 2021 mengenai Pedoman Pengelolaan Bantuan Bencana wajib memberikan bantuan penuh dengan salah satu pertimbangan korban merupakan warga yang masuk dalam kategori KK miskin.

Ia pun menyampaikan untuk upaya mitigasi bencana, masyarakat perlu memperhatikan sumber pemicu bencana. Terlebih saat ini, dari informasi yang dihimpun BPBD Sleman, kemungkinan terjadi kondisi cuaca ekstrim sampai 15 Oktober 2022.

“Kita perlu waspada karena cuaca ekstrim itu hujan sangat deras, mungkin durasinya tidak panjang tapi itu bisa menimbulkan volume air yang sangat banyak. Sehingga masyarakat harus waspada akan potensi bencana akibat cuaca ekstrim,” tukasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.