Berita Nasional Terpercaya

SCG Dukung Ratusan Pelajar Cileungsi Lakukan Aksi Tanam Pohon Massal pada Kegiatan Gembumi

0

BOGOR, BERNAS.ID – Pemanasan global yang terjadi beberapa tahun terakhir mengancam timbulnya berbagai persoalan lingkungan. Berdasarkan pengamatan BMKG, tahun 2020 menjadi tahun terpanas kedua dengan kenaikan suhu rata-rata permukaan mencapai 0,7°C dari rata-rata periode referensi tahun 1981-2010.

Persoalan tersebut lantas memotivasi M. Taqiyudin Ibadurrahman (Taqi), siswa kelas XI SMAN 1 Cileungsi, sekaligus penerima beasiswa pendidikan SCG Sharing the Dream 2022 untuk menciptakan perubahan dengan menggagas kegiatan bakti lingkungan bertajuk “Gerakan Sembuhkan Bumi” (Gembumi). Aksi penghijauan massal ini sejalan dengan advokasi ESG 4 Plus SCG untuk mencapai Net-Zero Emission di tahun 2050.

Taqi percaya bahwa untuk membangun kesadaran, perlu adanya pemahaman dan pengalaman yang seimbang. Untuk itu, proyek ini terdiri dari GEducationz, sesi edukasi tentang pentingnya menjaga lingkungan, dan dilanjutkan dengan GActionz, aksi penghijauan melalui aktivitas penanaman massal oleh 346 siswa SMAN 1 Cileungsi dan 10 karyawan PT SCG Indonesia dan PT Keramika Indonesia Assosiasi Tbk (KIA Ceramics) yang merupakan salah satu perusahaan SCG di lini Cement-Building Materials, pada Rabu (19/10/2022).

Baca Juga : Sumbu Filosofis Jogja Seyogyanya Lestarikan Juga Pepohonan yang Penuh Makna

“Hari ini, kami menanam tanaman hias jenis Taberna montana, Brekele, Loro pitalum, Epipremnum aureum (sirih gading), Sambang dara, Grasena, dan Lokan ayu yang masing-masingnya akan tumbuh dalam kurun waktu 3-10 bulan. Kami berharap, aksi ini bisa menginspirasi anak muda lainnya untuk menjaga bumi dari ancaman krisis lingkungan. Sebagai penggagas program ini, saya merasa dukungan dari SCG sangat membantu kami dalam merealisasikan ide ini dengan baik,” jelas Taqi.

Presiden Direktur PT SCG Indonesia, Chakkapong Yingwattanathaworn menyebut, Taqi merupakan satu dari ratusan anak muda berprestasi yang tumbuh dalam program berbasis ESG 4 Plus (Environmental, Social, dan Governance) yang dijalankan SCG sebagai perusahaan terkemuka di ASEAN.

“Community project ini juga sejalan dengan semangat Kurikulum Merdeka dari Kemendikbudristek untuk mendukung generasi muda belajar dari isu-isu aktual yang ada di masyarakat dan menjadi problem solver bagi sekitarnya,” sebut Chakkapong.

Taqi merupakan siswa berprestasi di bidang akademik dan non akademik. Ia pernah meraih Juara 1 Story Telling Tingkat Nasional pada kompetisi Amazing Ramadhan 2021 di Universitas Islam Bandung, dan aktif sebagai Ketua Umum Majelis Perwakilan Kelas (MPK) SMAN 1 Cileungsi.

Baca Juga : Upaya Menghijaukan Bumi, FIFGROUP Tanam 33.000 Pohon

Selain mengajak 346 siswa untuk berpartisipasi dalam aksi penanaman massal, Taqi juga sukses mengundang antusiasme 859 pelajar di sekitar Cileungsi untuk menjadi peserta sesi edukasi secara hybrid. Turut hadir Co-Founder Teens Go Green Indonesia, Bambang Sutrisno sebagai pemateri.

“Menanam pohon atau tanaman hias dapat menjadi salah satu cara menjaga lingkungan yang mudah dilakukan siapa saja karena tanaman mampu menyerap karbondioksida dari penggunaan bahan bakar fosil,” jelas Bambang.

Direktur PT. Keramika Indonesia Assosiasi, Gunarso, menyebut, KIA Ceramics sangat optimis terhadap kekuatan anak muda dalam melakukan perubahan bagi lingkungan.

“Sebagai wujud kolaborasi, hari ini SCG dan KIA Ceramics ikut berpartisipasi dalam penanaman bersama Adik-adik. Semoga langkah baik ini dapat menginspirasi ribuan anak muda di luar sana,” kata Gunarso.

Ke depannya, para siswa memiliki tanggung jawab untuk merawat tanaman tersebut yang akan dipantau oleh dewan guru dan SCG. Tanaman hias ini juga nantinya akan didistribusikan ke lingkungan sekitar, sehingga manfaatnya dapat dirasakan seluas-luasnya oleh masyarakat setempat. (*/cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.