Berita Nasional Terpercaya

UPN Yogyakarta Bentuk Komisi untuk Selesaikan Tawuran Antar-Mahasiswanya

1

SLEMAN, BERNAS.ID – UPN Veteran Yogyakarta membentuk komisi untuk menangani tawuran mahasiswa antar prodi di dalam kampusnya awal bulan Oktober 2022. Video tawuran itu sempat beredar pada hari Rabu (5/10) beberapa waktu lalu.

Pemicu tawuran disebabkan karena pertandingan futsal. Dua prodi yang berselisih berasal dari Fakultas Teknologi Mineral, UPN Veteran Yogyakarta. Rencananya, komisi tersebut akan bekerja sampai dua bulan ke depan.

Baca Juga Pemda DIY Dukung Satu Data Nasional, Minimalisir Duplikasi Ganda

Sutarto, Dekan Fakultas Teknologi Mineral UPN Veteran mengatakan pasca tawuran, kegiatan perkuliahan sempat digelar secara online. Namun, saat ini sudah berlangsung secara tatap muka karena Ujian Tengah Semester (UTS). “Saat ini kami sudah bentuk komisi untuk menangani ini (tawuran-red) dan sudah berjalan,” tuturnya, Kamis (20/10).

“Sesuai kode etik jika mahasiswa disinyalir melakukan pelanggaran maka perlu dibentuk komisi,” imbuhnya.

Sutarto menyebut anggota komisi terdiri dari 5 orang, yaitu Wakil Dekan Fakultas Teknik Bidang Kemahasiswaan, Koordinator Fakultas, Wakil Dekan Bidang Akademik, Ketua Jurusan Teknik Perminyakan, dan Ketua Jurusan Teknik Pertambangan.

“Tim ini akan melakukan klarifikasi karena banyak laporan yang masuk. Lalu akan diklarifikasi satu-satu, termasuk klarifikasi korban, kerusakan, dan lainnya,” jelas Sutarto.

Baca Juga Gubernur DIY Ajak Tertib Pendataan Karya Budaya

Selanjutnya, komisi akan melakukan klarifikasi untuk dipetakan, pelanggarannya akan masuk ke dalam kategori ringan, sedang, atau berat sesuai dengan kode etik UPN Veteran Yogyakarta. Jenis hukumannya pun akan diberikan tergantung kategori pelanggarannya.

“Setiap kesalahan bisa diberi sanksi, mulai dari teguran, tertulis, sampai misalnya penundaan semester,” ujarnya.

Sutarto mengatakan untuk kondisi di Kampus UPN Yogyakarta saat ini sudah kondusif, tapi di media sosial sesekali masih muncul saling saut. “Sudah luring (tatap muka) di lapangan sudah baik, walau di media sosial itu ada saut-sautan,” tukasnya. (jat)

1 Comment
  1. […] Baca Juga : UPN Yogyakarta Bentuk Komisi untuk Selesaikan Tawuran Antar-Mahasiswanya […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.