Berita Nasional Terpercaya

Bupati Sleman Ajak Santri Menjadi Agen Perubahan di Masyarakat

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Sebanyak 1500 santri dari 39 pondok pesantren dan madrasah mengikuti upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022 di Lapangan Denggung, Sabtu (22/10). Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Selain itu, hadir juga Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa beserta seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemkab Sleman. Hari Santri Nasional Tahun 2022 mengusung tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”.

Baca Juga Sleman Siap Menjadi Sentra Tanaman Kopi

Dalam amanatnya, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyampaikan, peringatan Hari Santri Nasional merupakan momentum untuk mengingat peran para santri dalam setiap fase perjalanan bangsa sejak jaman penjajahan.

Lebih lanjut, Kustini menjelaskan tema Hari Santri memiliki makna bahwa santri selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan bangsa dan negara Indonesia. “Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan tenaga, pikiran, kemampuannya dan hidupnya secara maksimal untuk bangsa dan negara,” jelasnya.

Kustini pun mengajak para santri di Kabupaten Sleman untuk mampu mengambil peran sebagai agen perubahan di masyarakat, serta menjadi panutan bagi masyarakat untuk berubah menjadi lebih baik. “Tunjukanlah bahwa Islam agama yang rahmatan lil’alamin, yang tidak anti terhadap perubahan zaman, sepanjang perubahan itu tidak bertentangan dengan syariat Islam,” tuturnya.

Baca Juga Dubes Norwegia Sebut Yogyakarta Akan Banyak Lahirkan Pemimpin

“Pesatnya kemajuan tehnologi dan perubahan zaman sekarang ini, tidak dapat dihindari lagi. Para santri harus mampu mengikuti perkembangan teknologi dan menjaga agar kemajuan dan perkembangan tersebut tetap sesuai dengan nilai-nilai Islami,” ujar Kustini.

Dalam kegiatan peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022 di Kabupaten Sleman, terdapat berbagai rangkaian kegiatan yang dilaksanakan, di antaranya lomba cerdas cermat wawasan kebangsaan, kepemudaan dan keistimewaan yang telah dilaksanakan pada 17 Oktober 2022 lalu, Festival Hadrah pada 20 Oktober 2022 lalu, dan Lomba Karnaval yang diselenggarakan bersamaan dengan penyelenggaraan upacara bendera Hari Santri Nasional.

Rangkaian puncak peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022 Kabupaten Sleman ini diakhiri dengan resepsi Hari Santri yang berlangsung di Pendopo Parasamya, Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman. Dalam kegiatan tersebut, diserahkan sejumlah penghargaan berupa uang pembinaan kepada para juara dalam sejumlah lomba yang diselenggarakan sebagai rangkaian Hari Santri. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.