Berita Nasional Terpercaya

IDI Sleman Berpartisipasi dalam Pemecahan Rekor Muri Melalui Donor Darah

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Peringatan HUT Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ke-72 diadakan kegiatan aksi donor darah secara serentak di masing-masing cabang IDI se-Indonesia, termasuk IDI Sleman. Donor darah menyasar dokter dan tenaga kesehatan di wilayah masing-masing.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo membuka secara resmi penyelenggaraan kegiatan aksi donor darah di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sleman, Selasa (25/10).

Baca Juga Sleman Siap Menjadi Sentra Tanaman Kopi

Ketua IDI Kabupaten Sleman, dr Rino Rusdiono mengatakan kegiatan aksi donor darah serentak qdalam rangka HUT IDI ke-72 diinisiasi oleh pengurus pusat IDI. Ia menyebut IDI Sleman bekerjasama dengan PMI Sleman untuk melaksanakan aksi donor darah di Kantor PMI Kabupaten Sleman.

“Kegiatan donor darah mengusung tema Berbakti Untuk Negeri, Mengabdi Untuk Rakyat sehingga menyasar keikutsertaan para dokter yang nantinya akan dicatat dalam rekor MURI karena diikuti dokter di seluruh Indonesia,” tuturnya.

Lanjut tambahnya, ada sejumlah agenda sosial dalam memperingati HUT IDI ke-72 di Kabupaten Sleman seperti pemeriksaan mata, operasi katarak, khitanan massal, dan bakti sosial di wilayah Kabupaten Sleman.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan aksi donor darah yang diselenggarakan IDI Sleman karena mempermudah para pendonor untuk menyumbangkan darahnya bagi kemanusiaan.

“Penyelenggaraan aksi donor darah ini selain untuk mendukung pemecahan Rekor MURI, saya harapkan juga dapat memotivasi masyarakat luas untuk secara rutin mendonorkan darahnya,” katanya.

Baca Juga Gubernur DIY Ajak Tertib Pendataan Karya Budaya

Kustini menilai kegiatan aksi donor darah ini akan mendukung ketersediaan stok darah di Kabupaten Sleman apalagi PMI Kabupaten Sleman sering mengalami keterbatasan persediaan darah karena banyaknya permintaan untuk transfusi darah. Sedangkan, jumlah pendonor darah rutin masih terbatas.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penandatanganan kerjasama antara IDI Sleman dengan PMI Kabupaten Sleman yang disaksikan secara langsung oleh Bupati Sleman. Setelah itu, dilakukan peninjauan secara langsung oleh Bupati Sleman terhadap proses pelaksanaan donor darah. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.