Berita Nasional Terpercaya

Pemkab Gunungkidul Bersama BRIN Riset Belalang Menjadi Snackbar

5

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul bersinergi dengan Pusat Riset Teknologi dan Pangan BRIN, serta Universitas Gunungkidul dan Universitas Tidar untuk riset atau penelitian tentang pembangunan daerah berkelanjutan.

Hal itu mengemuka dalam seminar hasil kerjasama penelitian bertajuk “Riset dan Pengembangan dalam Mendukung Pembagunan Daerah Berkelanjutan” di Ruang Rapat Bima, Pusat Riset Teknologi dan Pangan BRIN, Rabu (26/10). Nantinya, juga akan melibatkan UMKM Gunungkidul.

Baca Juga Kepatuhan Bayar Pajak Di Gunungkidul Meningkat Setiap Tahun

Kepala Bappeda Gunungkidul, Saptoyo mengatakan hasil penelitian kerjasama tersebut nantinya wajib direalisasikan untuk perkembangan dan inovasi daerah. Ia menyampaikan dalam melakukan riset mengalami kendala, salah satunya kurangnya proses diseminasi ke masyarakat.

“Harapannya nanti jika diaplikasikan ke masyarakat dapat menjadi nilai tambah masyarakat dan nilai tambah usaha yang berdaya guna,” tuturnya.

Salah satu yang diseminarkan, berupa kegiatan riset “Upaya Peningkatan Gastrotourism Pangan Berbasis Olahan Belalang Kayu” (Valaga nigricornis burn) di Kabupaten Gunungkidul oleh Ade Chandra Iwansyah bersama dengan tim. Riset mengoptimalkan potensi kuliner khas Gunungkidul yakni belalang untuk diolah menjadi snackbar.

Selain itu, juga dipaparkan ada model Sinergi Pentahelix dalam penanggulangan stunting di Kabupaten Gunungkidul dengan harapan dapat menekan angka stunting di Kabupaten Gunungkidul.

Baca Juga Pemda DIY Dukung Satu Data Nasional, Minimalisir Duplikasi Ganda

Kepala Pusat Riset Teknologi dan Proses Pangan, Satriyo Krido Wahono, menyambut baik kerjasama riset tersebut. Ia mengatakan, pihaknya siap membantu Kabupaten Gunungkidul dalam melaksanakan riset dan pengembangan.

Menurutnya, potensi di Gunungkidul cukup besar dan masih banyak yang dapat dikembangankan ditingkatkan. “Apabila Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul ingin membuat riset, kami selalu siap membantu mewujudkannya,” tutur Satriyo.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gunungkidul, Drajad Ruswandono berharap riset bersama ini dapat diterapkan secara maksimal di Gunungkidul. “Kami berharap riset ini kedepan dapat menjadi perkembangan dalam hal potensi yang ada di Gunungkidul dapat terserap dengan maksimal,” tukasnya. (jat)

5 Comments
  1. […] Baca Juga Pemkab Gunungkidul Bersama BRIN Riset Belalang Menjadi Snackbar […]

  2. […] Baca Juga Pemkab Gunungkidul Bersama BRIN Riset Belalang Menjadi Snackbar […]

  3. […] Baca Juga Pemkab Gunungkidul Bersama BRIN Riset Belalang Menjadi Snackbar […]

  4. […] Baca Juga Pemkab Gunungkidul Bersama BRIN Riset Belalang Menjadi Snackbar […]

  5. […] Baca Juga Pemkab Gunungkidul Bersama BRIN Riset Belalang Menjadi Snackbar […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.