Berita Nasional Terpercaya

Hari Jadi RSJ Grhasia, Nostalgia Sejarah Guna Pertahankan Predikat Paripurna

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Tanggal 30 Oktober 2022 nanti, Rumah Sakit Jiwa Grhasia tepat mencapai usia 84 tahun. Satu-satunya RSJ tipe A di DIY ini terus berupaya mengembangkan pelayanan sebagaimana tuntutan dan kebutuhan masyarakat yang juga selalu berkembang.

Direktur RS Jiwa Grhasia, dr Akhmad Akhadi, MPH mengatakan, saat ini RS Jiwa Grhasia terakreditasi Paripurna. Ke depannya, RS Jiwa Grhasia akan terus berupaya mempertahankan akreditasi Paripurna sebagai salah satu bentuk akuntabiltas terhadap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

Ada yang berbeda dari perayaan HUT ke-84 RSJ Grhasia yang jatuh pada 30 Oktober 2022 mendatang ini. Sederet rangkaian sudah dilaksanakan sejak 01 Oktober lalu, dan masih terus berjalan. Hal ini berbeda dengan tahun sebelumnya di mana perayaan dilakukan dengan lebih sederhana, mengingat pandemi Covid-19 yang masih belum melandai. Namun tahun ini, dengan semangat memberikan layanan prima dan melebur bersama masyarakat, sederet rangkaian dilakukan dengan lebih meriah.

“Kami berusaha setiap tahun produk-produk dari RSJ Grhasia yang ddipersembahkan baik untuk masyarakat di sekitar RSJ Grhasia maupun untuk masyarakat yang membutuhkan pelayanan kami,” ungkap Akhmad, Selasa (25/10).

Baca Juga Pemda DIY Dukung Satu Data Nasional, Minimalisir Duplikasi Ganda

Akhmad menuturkan, tema peringatan HUT ke-84 RS Jiwa Grhasia ialah ‘Bangkit Wujudkan Kesejahteraan Melalui Kesehatan Jiwa’. Tema ini mengacu pada tema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, yakni ‘Jadikan Kesehatan Mental untuk Semua Sebagai Prioritas Global’. Dan secara umum peringatan HUT RS Jiwa Grhasia tahun ini bertujuan untuk membelajarkan sejarah perjuangan para penduhulu dalam memajukan pelayanan kesehatan jiwa, khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya, baik pada individu, keluarga dan masyarakat.

“Filosofinya RSJ Ghrasia adalah keberadaannya di tengah-tengah masyarakat harus terasa, sehingga secara khusus peringatan HUT ini kami sajikan untuk meningkatkan keterlibatan pegawai dalam menyukseskan program kerja rumah sakit dan renstra RS Jiwa Grhasia. Meningkatkan loyalitas serta kebanggaan kepada rumah sakit, memupus stigma negatif dari masyarakat terhadap layanan jiwa, serta menjalin hubungan RS Jiwa Grhasia dengan mitra, masyarakat sekitar dan seluruh pemegang saham,” paparnya.

Baca Juga Dubes Norwegia Sebut Yogyakarta Akan Banyak Lahirkan Pemimpin

Pelaksanaan peringatan HUT RS Jiwa Grhasia 2022 ini sekaligus guna untuk merayakan Hari Pencegahan Bunuh Diri dan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia. Terkait rangkaian acara guna menyemarakkan peringatan tahun ini, beragam kegiatan telah dan akan dilaksanakan.

Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan, di antaranya kegiatan ilmiah berupa webinar ‘Memahami Self Harm Ditinjau dari Perspektif Psikologi dan Psikiatri’ pada 1 Oktober 2022 lalu, webinar ‘Menyiapkan Kondisi Sehat dan Bahagia di Masa Lansia’ pada 22 Oktober 2022. Kemudian Grhasia Goes to School (GGS) di beberapa SMA di Pakem. Cangkringan, dan Ngaglik, Sleman pada 4-6 Oktober 2022.

“Kegiatan GGS ini bertujuan untuk mengenalkan pentingnya kesehatan jiwa bagi remaja dengan sasaran anak SMA. Selain itu, ada pula lomba-lomba, misalnya lomba tenis meja, bulu tangkis, voli dan permainan tradisional yang diikuti karyawan RS Jiwa Grhasia. Ada pula lomba fashion show dan make up bagi pasien yang sudah pada tahap rehabilitasi sosial baik. Dan selama lomba, pasien didampingi perawat di masing-masing wisma,” jelasnya.

Sementara puncak acara HUT ke-84 RS Jiwa Grhasia akan digelar pada 29 Oktober 2022 nanti. Menurut Akhmad, hari puncak acara HUT akan diawali dengan kegiatan senam massal bersama masyarakat sekitar, lalu ada pemeriksaan kesehatan sederhana gratis bagi warga masyarakat. Pada puncak juga akan menyelenggarakan bakti sosial yakni pemberian sembako gratis bagi warga, penyelenggaraan pasar murah UMKM wilayah sekitar Grhasia, serta peresmian logo baru dan pengembangan layanan baru RS Jiwa Grhasia oleh Gubernur DIY. Ahmad menambahkan, akan dilaunching pula telemedicine terkait dengan konsultasi kesehatan jiwa.

“Launching dan peresmian transformasi Rumah Sakit Jiwa Ghrasia setelah era baru 2022 ini adalah titik balik dan bentuk perbaikan dukungan pelayanan di RSj Ghrasia yang berbasis digitalisasi,” kata Ahmad.

Sebagai upaya semakin meluaskan pelayanan pada masyarakat, RS Jiwa Grhasia juga akan menggelar Grhasia Expo di Sleman City Hall pada 12-13 November 2022. Grhasia Expo merupakan salah satu upaya pengenalan kesehatan jiwa kepada masyarakat melalui pemasaran program pelayanan di RS Jiwa Grhasia. Pada kegiatan ini diadakan pula pemeriksaan kesehatan secara sederhana secara gratis.

“Kami optimis ini adalah momentum kami memberikan pelayanan lebih baik. Kami akan meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat dengan pengembangan layanan di luar kedokteran jiwa. Tidak hanya karena euforia HUT saja, namun yang pasti kami berkomitmen mengabdi,” tutup Ahmad. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.