Berita Nasional Terpercaya

Apresiasi kepada Keluarga Sie Kong Lian di Hari Sumpah Pemuda

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Kepala Museum Sumpah Pemuda, Titik Umi Kurniawati menemui keluarga Sie Kong Lian sebagai pemberi hibah lahan dan gedung museum tersebut, Jumat (28/10).

Pertemuan diadakan untuk menyampaikan penjelasan kepada keluarga mendiang Sie Kong Lian atas kelalaian pegawai kami dalam mengirimkan undangan bagi keluarga untuk menghadiri peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Baca Juga Pemda DIY Dukung Satu Data Nasional, Minimalisir Duplikasi Ganda

“Secara langsung, kami memberikan penjelasan kepada keluarga Sie Kong Lian. Undangan telah kami kirimkan melalui pegawai kami. Namun, pegawai kami lalai memastikan bahwa undangan tersebut diterima langsung oleh keluarga. Undangan tersebut baru disadari belakangan oleh pegawai kami yang secara tak sengaja mengirimkannya ke alamat yang keliru, berbekal informasi alamat yang belum dikonfirmasi lebih lanjut,” jelas Umi.

Perwakilan keluarga Sie Kong Lian, dr Christian Silman menyampaikan permaklumannya. “Kami sejujurnya kecewa, namun kami memaafkan dengan penuh ketulusan. Semoga ke depannya hal ini tidak terulang kembali dan menjadi pelajaran untuk kita semua. Semoga pula dengan kejadian ini makin memperkuat relasi antara Keluarga Sie Kong Lian dan Museum Sumpah Pemuda,” kata dr Christian Silman.

“Museum Sumpah Pemuda mengapresiasi setinggi-tingginya perjuangan keluarga Sie Kong Lian, khususnya dalam kontribusi beliau memersatukan bangsa,” ujar Kepala Museum Sumpah Pemuda.

Pada tahun 2021, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Pusat telah menyelesaikan dan menyerahkan sertifikat tanah Museum Sumpah Pemuda atas nama Sie Kong Lian kepada Pemerintah Republik Indonesia, dalam hal ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Baca Juga Gubernur DIY Ajak Tertib Pendataan Karya Budaya

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek pada prosesi penerimaan sertifikat tersebut turut menyatakan apresiasi kepada keluarga Sie Kong Lian. “Luar biasa dukungan dari keluarga selaku ahli waris gedung bersejarah ini. Tentu kita sangat mengapresiasi keluarga yang telah berkenan menghibahkan gedung yang luar biasa ini kepada negara sehingga kita terus merawat ingatan mengenai Sumpah Pemuda bagi generasi selanjutnya,” sebutnya.

Ke depan, Direktorat Jenderal Kebudayaan akan terus berupaya memperkaya narasi sejarah, dalam hal ini orang-orang yang berkontribusi besar di dalam sejarah perjuangan seperti Sie Kong Lian.

Selain memastikan kehadiran keluarga Sie Kong Lian pada setiap peringatan Hari Sumpah Pemuda, saat ini pihak Museum Sumpah Pemuda tengah membahas penempatan plakat apresiasi hibah keluarga Sie Kong Lian pada gedung museum. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.