Berita Nasional Terpercaya

Terralogiq : Bentuk Implementasi Location Intelligence dalam Dunia Bisnis

1

BERNAS.ID – Location intelligence atau kecerdasan lokasi merupakan suatu proses yang dilakukan untuk mengumpulkan dan menganalisis data-data kompleks dengan menggunakan hubungan data pemetaan dan aspek geografis. Data-data tersebut dapat digunakan sebagai sumber informasi untuk mengatur strategi atau perencanaan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Umumnya data-data tersebut merupakan data geospatial, Global Positioning System (GPS), dan wawasan terkait informasi dari lokasi tersebut.

Banyak perusahaan yang telah mengadopsi kecerdasan lokasi guna mengoptimalkan efisiensi operasional dan meningkatkan kualitas bisnis yang sedang dijalankan. Hal ini dilakukan karena analisis data geospatial memberikan informasi geografis yang mencakup lalu lintas, cuaca, dan demografi yang bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman, prediksi serta memberikan wawasan bagi perusahaan.

Baca Juga : Jangkau Belasan Ribu Pelaku UMKM di 2021, GoTo Kembali Gelar Konferensi Maju Digital 2022

Informasi yang diperoleh dari data-data tersebut dapat digunakan oleh perusahaan untuk melakukan identifikasi, dan mencari tahu alasan dari berbagai masalah yang sedang dihadapi hingga memahami faktor penyebab terjadinya masalah tersebut. Dalam era transformasi digital ini banyak perusahaan yang telah bergantung pada teknologi sistem informasi geografis untuk membangun location intelligence.

“Kecerdasan lokasi memberikan visualisasi dan analisa dari teknologi lokasi yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk membantu mereka merencanakan strategi bisnis,
memprediksi trend ataupun kondisi pasar terkini dan memberikan data guna pakai yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu masalah,” ujar Albi Panatagama selaku Marketing and Public Relations Manager Terralogiq sebagai Premier Partner Google Maps Platform.

“Hal ini dikarenakan konsep location intelligence dan data pemetaan memberikan informasi terkait hubungan yang sebelumnya tidak terlihat seperti pola, flow dan sentimen market atau pasar tertentu yang bisa ditarik
wawasannya memberikan keuntungan bagi perusahaan dan bisnis,” imbuhnya.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara pelaku bisnis atau industri serta perusahaan memanfaatkan data-data yang dihasilkan oleh kecerdasan lokasi?

1. Bisnis Retail

Dikutip dari Gramedia.com bisnis retail yang juga dikenal sebagai penjual eceran
merupakan suatu usaha yang memiliki skala kecil dalam penjualan. Biasanya barang atau jasa tersebut dijual dalam jumlah satuan (eceran). Contoh dari bisnis retail yang paling menjamur adalah Alfamart dan Indomart.

Baca Juga : Huawei Tegaskan Peran Penting Inovasi Bersama dalam Wujudkan Intelligent World

Bisnis retail sendiri identik dengan rentang kategori produk yang sempit tetapi fokus dan umumnya terletak di lokasi yang strategis sesuai dengan kebutuhan konsumen di area tersebut.

Untuk itulah penting bagi bisnis retail dalam memanfaatkan layanan location
intelligence agar bisa menemukan lokasi terbaik bagi toko retail yang akan dibuka
karena umumnya toko retail hadir secara fisik. Tidak hanya digunakan untuk menentukan lokasi yang strategis, location intelligence juga dapat digunakan untuk menganalisis kebutuhan pelanggan. Sehingga pelaku bisnis retail dapat menjawab setiap kebutuhan pelanggan di lokasi tersebut.

2. Bisnis Online

Seperti namanya, bisnis online merupakan usaha yang dijalankan melalui internet. Dimana produk-produk dari bisnis online baik barang maupun jasa akan dipasarkan melalui media sosial atau internet. Tidak hanya aktivitas jual-beli saja, aktivitas seperti marketing dan customer service juga dilakukan secara online.

Dalam bisnis online, teknologi lokasi sangatlah penting. Mengapa? Kecerdasan
lokasi dapat memberikan data secara akurat dan real-time kepada pelanggan. Data-data tersebut meliputi lokasi toko online, alamat, hingga peta yang dapat diakses oleh pelanggan melalui Google Maps secara akurat. Tentunya informasi ini dapat meningkatkan kualitas pengalaman belanja dan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis online kita.

3. Ekonomi Kreatif

Kecerdasan lokasi dapat melakukan pemetaan berdasarkan variabel tertentu.
Industri kreatif mulai dari UMKM dan bisnis lainnya dapat merasakan manfaat dari dampak pengimplementasian konsep tersebut. Hasil dari pemetaan ini dapat digunakan untuk berbagai hal strategis seperti mempercepat pemulihan ekonomi negara, memperluas lapangan pekerjaan hingga memperkuat perekonomian di suatu daerah.

4. Geomarketing

Geomarketing merupakan salah satu bentuk pemasaran yang mempertimbangkan lokasi audiens. Hal ini bertujuan agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima oleh orang yang tepat.

Seperti namanya, geomarketing sangat erat dengan penemuan lokasi target
konsumen atau calon pelanggan, toko apa saja yang berada dalam radius terdekat mereka, hingga promosi dan penawaran yang paling banyak disukai. Data-data ini yang nantinya akan digunakan perusahaan untuk menentukan berbagai strategi
perusahan.

Kecerdasan lokasi dapat digunakan oleh perusahaan untuk mendukung program retensi dan ekspansi bisnis dengan memperkuat analisis pasar sehingga perusahaan dapat mengambil keputusan yang jauh lebih akurat. Maka dari itu, penting bagi pelaku bisnis dan perusahaan untuk menambahkan location intelligence pada alur kerja dengan layanan yang diberikan oleh Terralogiq.

Terralogiq menyediakan layanan location intelligence yang dapat memperkaya bank data perusahaan. Dilengkapi dengan fitur-fitur pendukung yang dapat memaksimalkan potensi dari data lokasi seperti integrated system design dan automated workflows yang dapat mengurangi risiko operasional dan kesalahan manual akibat human error. (***)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.