Berita Nasional Terpercaya

Lima Perempuan Hebat Hadir di Womens Inspiration Talkshow Jogja Halal Fest 2022

0

BANTUL, BERNAS.ID – Perhelatan Jogja Halal Fest 2022 pada hari kedua diisi dengan acara Womens Day, yang berisikan talkshow dan fashion show, bertemakan “Women Inspiration”, Jumat 4 November 2022 di JEC.

Womens Inspiration, Talkshow & Fashion Show kali ini menghadirkan pembicara wanita, seperti Ketua Persami, Dr. Hj. Siti Nur Azizah Ma’ruf, yang juga merupakan Putri dari Wapres Ma’ruf Amin; Ketua Prodi S3 Perbankan Syariah, UIN Syahid, Prof. Dr. Euis Amalia; Pimpinan Pusat Aisyiyah, Dra. Latifah Iskandar; Penasehat Halal Club’ Jogja, Rika Fatimah P.L., S.T., M.Sc., Ph.D; Penasehat MES DIY, Dra Mursida Rambe.

Acara Womens Inspiration Talkshow dimoderatori oleh Ketua Departemen Perempuan dan Keluarga MES DIY, Nur Aisyah Haifani, S.T.

Baca Juga : Gairahkan UMKM Produk Halal, Muslim Life Fair Yogyakarta Resmi Dibuka Hari Ini

Pada kesempatan itu, Siti Nur Azizah Ma’ruf menyampaikan, bahwa perempuan itu merupakan suatu makhluk ciptaan Allah SWT yang sangat luar biasa, dan memiliki peran yang sangat strategis dalam kehidupan, baik keluarga, masyarakat, berbangsa maupun bernegara.

“Sesuai kaidah yang begitu mashyur ya, suatu negara yang kuat apabila perempuannya baik, begitu juga sebaliknya jika perempuannya rusak, maka akan rusak pula suatu bangsa atau negara,” katanya.

Dia juga mengakui sosok Khadijah (istri Nabi Muhammad SAW) menjadi inspirasi bagi dirinya, karena dinilai ideal bagi para muslimah. Tidak karena memiliki harta yang banyak tetapi memiliki daya kreasi, daya saing dan juga daya juang.

“Tentunya sesuai dengan pemahaman keagamaan yang baik. Khadijah ini bukan hanya seorang saudagar, tapi juga Khadijah sosok yang memiliki daya kreasi, daya saing dan juga daya juang yang tinggi,” ungkapnya.

Selain Khadijah, diakui putri Wakil Presiden ini, sosok Fatimah juga menjadi inspirasi bagi para muslimah, karena memiliki kemampuan survive yang luar biasa.

Selanjutnya, Euis Amalia pada kesempatan yang sama mengatakan Rasulullah telah mengangkat derajat perempuan, dari perempuan itu bukan apa-apa menjadi luar biasa.

“Rasulullah yang mengangkat derajat perempuan, dari dulu perempuan yang bukan apa-apa, bahkan perempuan itu merupakan sebuah yang diwariskan, sehingga perempuan kini memiliki hak-hak yang luar biasa,” katanya.

Baca Juga : Wapres Buka Jogja Halal Fest 2022 secara Virtual

Latifah Iskandar pada kesempatan itu mengungkapkan sosok inspirasi berdasarkan usia, dan terpengaruh apa yang dipelajari. “Jaman saya sekolah dasar inspirasi saya adalah Cut Nyak Dien dan RA Kartini, semua itu sesuai dengan apa yang dipelajari,” tuturnya.

Selanjutnya menginjak sekolah menengah, dia mengaku memiliki inspirasi perempuan adalah sosok Nyai Dahlan, itu pun juga sesuai dengan apa yang dipelajarinya.

Sosok yang paling muda sebagai pembicara, Rika Fatimah pada kesempatan itu mengatakan didalam Islam banyak sekali tokoh inspirasi perempuannya, seperti Khadijah, Aisyah, dan Fatimah. “Ketiganya adalah istri Rasulullah yang merupakan inspirasi bagi para muslimah,” katanya.

Terakhir sebagai pembicara, Mursida Rambe menyebutkan sosok seorang Ibu yang menjadi inspirasi perempuan bagi dirinya. “Bagi saya sosok inspirasi adalah Ibu saya,” katanya.

Karena disaat dia hijrah dari Sumatera Utara ke Yogyakarta, sang Ibu berpesan 3 hal kepadanya.

“Yang pertama, nak pastikan niat apapun yang kamu lakukan, niat kamu baik. Kedua, apapun yang kamu lakukan, kamu harus bersungguh-sungguh, dan yang ketiga jangan lupa Shalat,” katanya. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.