Berita Nasional Terpercaya

Lomba Panah Rutin Kelurahan Wedomartani Digadang-gadang Cetak Atlet Berprestasi

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Pemerintah Kalurahan Wedomartani Sleman secara rutin menyelenggarakan lomba panahan tradisional dalam rangka Merti Desa Mandiri Budaya, Sabtu (5/11). Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo secara langsung membuka Gladhen Ageng Jemparingan di Lapangan Dolo, Wedomartani, Ngemplak, Sleman.

Ia mengapresiasi Pemerintah Kalurahan Wedomartani karena melestarikan budaya dan kearifan lokal budaya jemparingan. Menurutnya, kegiatan tersebut bisa menjadi wadah untuk melestarikan budaya jemparingan.

“Ini pesertanya juga banyak yang muda-muda. Untuk yang senior saya harap selalu mendampingi yang masih muda. Kalau bukan kita yang melestarikan budaya ini, siapa lagi,” tuturnya.

Baca Juga Sleman Siap Menjadi Sentra Tanaman Kopi

Ia juga berharap dari kegiatan budaya jemparingan ini nantinya dapat melahirkan atlet berprestasi di bidang panahan sehingga harapannya bisa mengharumkan nama Kabupaten Sleman baik di kancah nasional maupun internasional. “Dari Wedomartani sudah ada yang berhasil meraih perunggu saat PORDA kemarin. Semoga prestasi ini bisa terus ditingkatkan,” kata Kustini.

Baca Juga Kepatuhan Bayar Pajak Di Gunungkidul Meningkat Setiap Tahun

Sementara Lurah Wedomartani, Teguh Budiyanto, menerangkan kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 155 peserta dari berbagai daerah di DIY. Peserta lomba dibagi menjadi dua kategori, yakni putra dan putri.

“Kategori putra merebutkan tropi Bupati Sleman, sedangkan kategori putri merebutkan tropi Kepala Dinas Kebudayaan Sleman,” jelasnya.

Tema yang diangkat pada event ini yaitu “Urip iku Urup”. Turut hadir Kepala Dinas Kebudayaan Sleman, Edy Winarya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.