Berita Nasional Terpercaya

Bupati Kukuhkan Pengurus PWG Periode 2022-2027

0

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID – Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengukuhkan Pengurus Perkumpulan Warga Gunungkidul (PWG) Nasional di Pendopo Taman Budaya (TBG) Gunungkidul, Sabtu (5/11). Dalam pengukuhan ini digelar pagelaran wayang kulit 3 dalang. Salah satu dalangnya, anggota Polri, Ki Sri Kuncoro dari anggota Korps Brimob Polri.

Adapun Susunan Pengurus PWG Periode Tahun 2022-2027 yang dilantik, yaitu Ketua PWG Dr H Yanto,Sekretaris PWG H Warsidi, dan Bendahara Umum Saimo.

Baca Juga Pemkab Gunungkidul Bersama BRIN Riset Belalang Menjadi Snackbar

Ketua Panitia Pengukuhan, Marsidi mengatakan, Perkumpulan Warga Gunungkidul (PWG) ini terbentuk dari hasil musyawarah para tokoh Ikatan Keluarga Gunungkidul (IKG) pada sarasehan nasional yang digelar beberapa waktu lalu. “PWG Nasional ini muncul dan dilegalkan dan sudah mendapatkan akta notaris,” kata Marsidi.

Lanjut tambahnya, banyak perwakilan IKG dari berbagai daerah yang hadir mengikuti pengukuhan di antaranya perwakilan dari Papua Barat, Kalimantan Selatan, Bali, Jatim, Jabar, Jateng, DIY, dan Jabodetabek.

“Perwakilan dari Lampung, Palembang, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Ria juga datang. Pokokya pengurus IKG dari Papua sampai Sumatra hadir,” paparnya.

Baca Juga Kepatuhan Bayar Pajak Di Gunungkidul Meningkat Setiap Tahun

Marsidi mengatakan, PWG nantinya diharapkan dapat mempersatukan warga Gunungkidul dari Sabang sampai Merauke. PWG dan IKG merupakan wadah warga perantau asal Gunungkidul yang berkomitmen cinta tanah kelahiran dan membangun Gunungkidul.

“Sesuai semboyan kita, dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Namun cinta pada tanah kelahiran menjadi harga mati,” katanya.

Dalam sambutanya Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengucapkan selamat atas pengukuhan yang dilakukan. Ia berharap PWG mampu bersinergi dengan pemerintah memberikan peran serta dan karya nyata kepada tanah kelahiran tercinta.

“Yang paling penting, saya mengajak kepada pengurus, anggota semua tidak mencampur adukan masalah politik kedalam perkumpulan ini,” kata Sunaryanta.

Kepala Paniradya Yogyakarta mengatakan, PWG dapat menjadi wadah untuk menyatukan warga Gunungkidul yang berada di perantauan untuk menjalin silaturahmi.

“Silaturahmi merupakan modal utama untuk memperkuat organisasi, PWG juga menjadi ujung tombak sekaligus perpanjangan tangan pemetintah untuk mengelola dan melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

Turut hadir Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, Kepala Paniradya Yogyakarta Aris Eko Nugroho, Kapolres Gunungkidul AKBP Edy Bagus Sumantri, Kepala Kejaksaan Negeri Gunungkidul Rinaldi, serta Ketua Pengadilan Negeri Wonosari Tri Joko Pamungkas. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.