Berita Nasional Terpercaya

Tinjau Longsor di Jalan Nasional Cianjur-Puncak Akibat Gempa, Begini Kata Menteri PUPR

1

JAKARTA, BERNAS.ID – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, penanganan longsor yang menutup ruas jalan Cipanas – Cianjur dilakukan dengan alat-alat berat seperti excavator dan dump truck. Dia mengatakan, dua alat berat tersebut fokus membersihkan pohon dan tanah longsoran akibat gempa Cianjur.

“Hingga pukul 01.45 WIB, Selasa (22/11/22), total alat berat bekerja dari 2 sisi yang berbeda (sisi Cianjur di bagian Selatan dan sisi Cipanas di bagian Utara) adalah 6 unit excavator dan 6 unit dump trucks,” kata Basuki saat meninjau lokasi longsor dalam keterangannya, Selasa (22/11/2022).

Baca juga: BMKG Ingatkan Potensi Gempa Susulan Banten

Basuki mengatakan, penanganan longsor yang dilakukan sejak Senin malam ini diharapkan dapat membuka akses jalan Cianjur – Cipanas pada Selasa siang ini.

“Insyaallah pada siang hari ini, Selasa 22 November 2022, sudah bisa diselesaikan pembersihan longsoran pada badan jalan sehingga ruas jalan Cianjur – Cipanas bisa terbuka kembali,” ujarnya.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan, ruas jalan yang tertutup tanah longsor dari tebing sepanjang 140 meter di 2 titik sudah bisa dilalui pada Selasa pagi.

Saat ini, kata dia, tim di lapangan fokus pada pembersihan ruas jalan agar bisa dilalui dua arah.

“Serta evakuasi jenazah yang ditemukan tertimbun longsoran,” kata Endra.

Baca juga: Gempa Magnitudo Guncang Sumba Timur, Berikut Antisipasi Ketika Terjadi Gempa

Sebelumnya, Gempa berkekuatan M 5,6 yang berpusat di Cianjur menyebabkan longsor di perbatasan Bogor atau kawasan Puncak.

Kepala Unit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli (Kanit Turjawali) Lantas Polres Bogor, Ipda Ardian mengatakan, peristiwa longsor tersebut terjadi di Jalan Raya Cugenang, Cianjur.

Kini, arah jalan menuju Cianjur-Bandung dialihkan via Cibubur – Jonggol, kemudian Ciawi – Sukabumi.

“Iya ada tanah longsor di Jalan Raya Cugenang, Cianjur. Arah Cianjur-Bandung dialihkan,” jelasnya. (den)

1 Comment
  1. […] Baca Juga : Tinjau Longsor di Jalan Nasional Cianjur-Puncak Akibat Gempa, Begini Kata Menteri PUPR […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.