Berita Nasional Terpercaya

Sejumlah Benda Larangan Ditemukan dalam Razia Serentak di Lapas Yogyakarta

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar razia gabungan serentak di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan di DIY. Razia bertujuan untuk mempertahankan predikat UPT Pemasyarakatan DIY yang “Bersinar Hatinya” (Bersih dari Narkoba, HP, dan Pirantinya).

Target razia menyasar Lapas Narkotika Kelas IIA Yogyakarta, Rutan Kelas IIA Yogyakarta, Lapas Kelas IIA Yogyakarta, Lapas Kelas IIB Sleman, dan Rutan Kelas IIB Bantul. Pelaksanaan razia gabungan didahului dengan apel siaga yang diikuti personel TNI, Polri, dan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY.

Baca Juga Bappebti Imbau Masyarakat Waspadai Perdagangan Aset Kripto

Kepala Kanwil Kemenkumham DIY, Imam Jauhari mengharapkan proses razia dan penggeledahan dilakukan dengan humanis dan situasi tetap kondusif. Ia sendiri memimpin pelaksanaan razia gabungan di Lapas Narkotika Kelas IIA Yogyakarta, Senin malam (21/11).

“Kedepankan etika yang baik, karena mereka adalah saudara-saudara kita yang harus diperlakukan dengan baik, sehingga mari kita laksanakan razia ini dengan humanis,” tutur Imam Jauhari.

Imam mengajak seluruh APH yang terlibat untuk bersinergi dan bersama-sama mewujudkan UPT Pemasyarakatan yang kondusif. Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DIY juga melibatkan para Pimpinan Tinggi Pratama dalam razia gabungan kali ini.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Gusti Ayu Putu Suwardani memimpin razia di Rutan Kelas IIA Yogyakarta bersama Kepala Divisi Administrasi sekaligus Plh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Mutia Farida. Sedangkan, Kepala Divisi Keimigrasian, M Yani Firdaus memimpin pelaksanaan razia di Lapas Kelas IIA Yogyakarta.

Gusti Ayu menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mempertahankan predikat UPT Pemasyarakatan DIY yang Bersinar Hatinya. “HP dan narkoba nihil,” kata Gusti Ayu.

“Mari kita pertahankan predikat UPT yang ‘Bersinar Hatinya’ ini dan terus melaksanakan strategi yang telah dicanangkan oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan, yaitu 3 Kunci Pemasyarakatan Maju dan Back to Basic. Adapun pada hari ini kita semua telah melaksanakan strategi tersebut, yaitu dengan melakukan Deteksi Dini, Berantas Narkoba, dan Sinergi dengan Aparat Penegak Hukum,” tutur Gusti Ayu.

Baca Juga Dubes Norwegia Sebut Yogyakarta Akan Banyak Lahirkan Pemimpin

Kepala Divisi Keimigrasian M Yani Firdaus memimpin razia gabungan di Lapas Kelas IIA Yogyakarta, khususnya Blok H Wisma Sido Rukun Lapas Kelas IIA Yogyakarta. Dari hasil razia gabungan, petugas menemukan sejumlah benda larangan, di antaranya korek api, pinset, hanger kawat, sendok stainless, gagang sikat gigi, hingga gulungan tali. Barang bukti hasil razia selanjutnya diamankan untuk dimusnahkan.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY, Gusti Ayu Putu Suwardani bersama Kepala Divisi Administrasi memimpin pelaksanaan razia gabungan di Rutan Kelas IIA Yogyakarta. Razia difokuskan di Wisma Bima, Kresna, dan Poli Utara Rutan Kelas IIA Yogyakarta.

Dari hasil razia gabungan, petugas menemukan sejumlah benda larangan, di antaranya kartu remi dan domino, korek gas, pulpen, pisau cukur, dan hanger kertas. Barang bukti hasil razia selanjutnya diamakankan untuk kemudian dimusnahkan.

Di tempat terpisah, razia gabungan juga dilaksanakan di Lapas Kelas IIB Sleman dan Rutan Kelas IIB Bantul. Berdasarkan Operasi Gabungan yang telah diselenggarakan, UPT Pemasyarakatan di DIY tetap bersih dari narkoba, HP, dan pirantinya (BersinarHatinya). (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.