Berita Nasional Terpercaya

Diseminasi Informasi Penyakit Mulut dan Kuku Diperlukan Strategi yang Tepat

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Faktor informasi menjadi bagian penting dalam melaksnakan sebuah kebijakan, bahkan dalam situasi yang sulit, bahkan tidak jarang masyarakat sebagi obyek sekaligus subyek dalam menerima informasi menjadi salah persepsi sehingga menimbulkan kesalahan persepsi atau pemahaman sebuah peristiwa.

Hal ini yang disampaikan oleh narasumber Dr. Wahyu Riawanti, S.Pt M.P. dalam acara Bimbingan Teknis Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), yang digelar oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, Rabu 23 November  2022 di Hotel Aveon Sleman, DIY.

Diperlukan strategi yang tepat dan benar untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait penyakit atau wabah seperti ini, karena informasi yang beredar saat ini sangat rentan dengan berbagai isyu yang kontra produktif seperti yang terjadi di jagat dunia maya kita saat ini.

Baca Juga : 908 Ternak di Sleman Terpapar Penyakit Mulut dan Kuku

“Bahkan dari data yang ada Indonesia menjadi sebuah negara yang memiliki nilai kurang baik dalam dunia informasi di jagat maya,” ujar Dr Wahyu Riawanti  yang juga merupakan PNS di Humas Pemda DIY.

Ria panggilan akrabnya menjelaskan, bahwa untuk menyampaikan informasi yang tidak tepat justru akan menimbulkan dampak negatif yang cukup signifikan apalagi terkait dengan sebuah wabah atau penyakit.

Lanjutnya, oleh karena itu diperlukan pula unsur edukasi di dalamnya dan ada banyak hal yang harus menjadi perhitungan ketika kita akan menyampaikan informasi tersebut seperti Demografi dan Karakter Publik kita.

Baca Juga : Obat Tetes Mulut Penyembuh Segala Macam Penyakit Diyakini Ilegal

“Dan kita juga harus belajar dari pengalaman penanganan Covid-19 seperti Persamaan Persepsi dan Narasi, serta Lesson Learn dan kebaruan/keunikan penanganan PMK, sehingga informasi yang komprehensif akan menjadi materi yang tepat seperti biosecurity, pengobatan, pengujian vaksinasi dan penanganan hewan terinfeksi,” jelas Ria yang juga merupakan Humas Ikatan Sarjana Peternakan DIY ini.

Hal lain yang juga diungkapkan Ria adalah tentang media dan platform sesuai karakter audiens, Koordinasi dan kolaborasi, serta Cover both side VS Cover public side.

“Jika berbagai hal tersebut bisa menjadi bagian penting dalam penyampaian informasi terkait PMK. Maka informasi yang kita sampaikan akan menjadi sebuah informasi yang strategis dan sangat membantu semua pihak termasuk pemerintah dan masyarakat,” tutupnya. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.