Berita Nasional Terpercaya

Pemda DIY Borong 4 Piala Anugerah Media Humas 2022

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) tidak pernah absen meraih penghargaan Anugerah Media Humas (AMH) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI sejak tahun 2019. Di tahun 2022 ini, Pemda DIY memborong 4 kategori penghargaan dari total 6 kategori di AMH.

Ajang tahunan AMH merupakan ajang yang cukup bergengsi dari Kemenkominfo RI untuk mengapresiasi insan humas. Apresiasi diberikan setinggi-tingginya terhadap komunikasi publik serta kehumasan kementerian/lembaga, BUMN, BUMD, perguruan tinggi, dan pemerintah daerah.

Baca Juga Gubernur DIY Ajak Tertib Pendataan Karya Budaya

Pemda DIY meraih penghargaan terbaik ke-2 kategori siaran pers, terbaik ke-2 penerbitan media internal (Inhouse Magazine), terbaik ke-2 kampanye komunikasi publik, dan terbaik ke-3 kategori media sosial. Penghargaan diterima oleh Plh. Asisten Sekretariat Daerah DIY Bidang Perekonomian dan Pembangunan Wiyos Santoso, di Hotel Marriott Yogyakarta, Kamis malam (24/11).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny Gerard Plate mengatakan humas pemerintah menjadi salah satu jembatan komunikasi program kerja pemerintah kepada masyarakat dan membangun citra pemerintah serta menampung aspirasi publik.

Peran dari Government Public Relations (GPR) atau humas pemerintah saat ini memang sangat dibutuhkan untuk dapat menyediakan informasi yang akurat serta aktual bagi masyarakat, mengingat banyaknya isu-isu hoaks yang menyebar.

“GPR ini mempunyai peran sentral dalam diseminasi informasi bagi masyarakat. Peran utama GPR inilah dianggap sebagai jembatan komunikasi program kerja pemerintah kepada masyarakat,” tutur Johnny.

Lanjut tambahnya, peran humas pemerintah saat ini menjadi sangat penting karena bertanggung jawab dalam mentranslasikan kebijakan serta informasi pemerintah agar dapat tersampaikan dengan baik informasi tersebut kepada masyarakat. Untuk itu, humas pemerintah ini diharapkan dapat mengedukasi serta mengarahkan masyarakat untuk memilih sumber informasi yang terpercaya.

Johnny menjelaskan kehumasan yang berpusat pada pengalaman manusia atau humanisme menjadi penting untuk selalu dikedepankan melihat berbagai tanggung jawab dan fungsi yang dimiliki oleh GPR. “Secara filosofis kehumasan menjadi tulang punggung bagi pemerintah baik pusat maupun daerah, BUMN, dan BUMD dalam proses komunikasi, klarifikasi, dan edukasi, terlebih tantangan ke depan yang akan semakin beragam dan tak terprediksi,” tukas Johnny.

Baca Juga Pemda DIY Dukung Satu Data Nasional, Minimalisir Duplikasi Ganda

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika DIY, Hari Edi Tri Wahyu Nugroho mengatakan, penghargaan AMH sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat atas berbagai aktivitas kehumasan Pemda DIY. Dengan penghargaan yang sudah diraih, dapat meneguhkan kehumasan Pemda DIY dari segala lini kehumasan.

“Empat penghargaan yang diraih meneguhkan kita dari segala lini kehumasan, walaupun tahun ini kita belum ada yang meraih di posisi ke satu,” ujar Wahyu.

“Saya berharap ke depannya perlu ditingkatkan lagi terkait dengan kehumasan di Pemda DIY serta perlunya kolaborasi antarsemua organisasi perangkat daerah (OPD). Tidak lupa juga untuk meningkatkan komunikasi publik Pemda DIY ke masyarakat terkait dengan keberhasilan-keberhasilan yang telah diraih,” pungkas Wahyu. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.