Berita Nasional Terpercaya

Tim UMY Melalui PKM DIKTI Hibahkan Mechanical Bar Screen, Dukung Merti Kali di Kauman Babadan

0

BANTUL, BERNAS.ID – Tim Pelaksana PKM Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah menjalin kemitraan dengan Marbot Masjid Ad Darojat dan Masjid Nur Rohman Kauman Babadan, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, DIY untuk mendukung program “Merti Kali”.

Tim UMY tersebut terdiri dari Endah Saptutyningsih, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis beserta Berli Paripurna Kamiel, dosen Fakultas Teknik.

Baca Juga : Kemenkes Asesmen ke UMY Terkait Kampus Sehat

“Kondisi sungai di Kauman Babadan saat ini yang masih dicemari sampah perlu dibersihkan, agar sungai bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, bahkan sebagai potensi sumber penghasilan dari sektor perikanan. Oleh karena itu, kami Tim Pelaksana PKM dari UMY dengan didanai Ditjen Diktiristek menghibahkan alat mechanical bar screen untuk membersihkan sampah di lokasi tersebut,” ujar Dosen FEB UMY, Endah Saptutyningsih di Yogyakarta, Minggu (27/11/2022).

Menurut Endah, Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan agar masyarakat setempat dapat memanfaatkan potensi alam berupa sungai yang dimiliki desa dan meningkatkan kemampuan warga dalam menciptakan ekonomi kreatif dengan kualitas air sungai yang layak dikonsumsi secara langsung maupun tidak langsung.

Kegiatan PKM yang telah diawali dengan adanya Penyuluhan “Merti Kali” yang dilakukan di Masjid Nur Rohman Kauman Babadan, Banguntapan Kabupaten Bantul beberapa waktu yang lalu. Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan hibah barang dan pemasangan mechanical bar screen serta ram kawat untuk membuat kolam ikan di sepanjang sungai.

Baca Juga : Kericuhan Pemilihan Ketua BEM FH UAD, Polisi Sebut Ada Korban Luka

“Pemasangan alat ini bertujuan agar masyarakat dapat memanfaatkan sungai yang berpotensi dijadikan sebagai sumber pendapatan melalui budidaya ikan,” jelas Endah.

Dengan pemasangan mechanical bar screen tersebut diharapkan dapat mendukung program “Merti Kali” sehingga green economy masyarakat dapat terwujud dan mendukung adanya inisiasi pengembangan wisata sungai, sehingga melalui ekonomi kreatif dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

Disamping itu dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.