Berita Nasional Terpercaya

Bupati Gunungkidul Cek Stok Lumbung Pangan Petani untuk Ketahanan Pangan

0

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID – Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengecek beberapa Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) di sejumlah kapanewon untuk memastikan ketersediaan logistik yang dihasilkan para petani. Dari data Dinas Pertanian dan Pangan tercatat ada 72 LPM di Gunungkidul saat ini.

Pengecekan pertama dilakukan di Padukuhan Pringwulung, Krambilsawit, Saptosari. Bupati mengecek beberapa stok logistik yang dihasilkan petani, baik palawija maupun padi. “Yang paling berdampak adanya lumbung pangan ini adalah petani. Khususnya pada sektor ketahanan pangan,” tutur Bupati, Senin (28/11/2022).

Baca Juga Bupati Gunungkidul Resmikan Kantor Klasis Gereja Kristen Jawa

Selanjutnya, Bupati melakukan pengecekan di wilayah Padukuhan Giriwaru, Girisekar, Panggang. Bupati melihat stok sumber pangan yang merupakan olahan dari tanaman holtikultura.

“Harapan kita Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) ini sebagai antisipasi jika terjadi bencana alam atau non alam. Pemerinah memang mempunyai peran untuk memperkuat cadangan pangan masyarakat,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati memberikan bantuan benih kedelai, benih jagung, dan pupuk cair.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Rismiyadi mengatakan, kebiasaan masyarakat Gunungkidul untuk menyimpan hasil panen di lumbung keluarga menjadi kearifan lokal tersendiri dan tradisi ini akan terus dipertahankan.

“Tradisi ini memperkuat ketahanan pangan di masyarakat. Kami berupaya utk mengembangkan potensi ini melalui berbagai program pendampingan dengan melibatkan berbagai pihak,” tutur Rismiadi.

Baca Juga Pemkab Gunungkidul Bersama BRIN Riset Belalang Menjadi Snackbar

Lanjut tambahnya, pihaknya bersama Pemda DIY terus melakukan membangun lumbung Mataraman melalui Dana Keistimewaan. Ia menyebut saat ini ada 72 lumbung pangan masyarakat di Gunungkidul.

“Dari jumlah tersebut, kondisi LPM yang baik mencapai 98 persen. Yang aktif sekitar 72 persen. LPM di Gunungkidul ini paling banyak jumlahnya dari kabupaten lain di DIY,” tukasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.