Berita Nasional Terpercaya

Jaga Warga Berperan Penting di Tengah Pesatnya Pariwisata Gunungkidul

0

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID – Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul mengukuhkan kelompok jaga warga di 26 desa dari 11 Kapanewon. Pengukuhan jaga warga wujud realisasi dari Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 28 Tahun 2021 tentang Jaga Warga.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta berharap jaga warga bukan sekedar formalitas sebagai realisasi Pergub DIY. Namun, para pengurus jaga warga dapat mengaplikasikannya dengan menumbuhkan nilai luhur yang ada di masyarakat dan mengoptimalkan pranata sosial.

“Komunikasi yang baik dengan aparat kalurahan dan menjaga keamanan di masing- masing wilayahnya salah satu tugas jaga warga,” kata Bupati dalam pengukuhan di Kapanewon Paliyan, Selasa (29/11).

Baca Juga Bupati Gunungkidul Resmikan Kantor Klasis Gereja Kristen Jawa

Lanjut tambahnya, kelompok jaga warga memiliki peranan penting dengan berkembangnya pariwisata di Gunungkidul yang rentan terjadinya gesekan antarkelompok, kenakalan remaja, penyalahgunaan narkoba, kejahatan jalanan, dan tindak pidana lain.

“Jangan sampai di wilayah Gunungkidul yang kita cintai ini terjadi konfik sosial. Kelompok jaga warga harus dapat terus menumbuhkan kebersamaan dan gotong royong antar warga,” paparnya.

Baca Juga Kepatuhan Bayar Pajak Di Gunungkidul Meningkat Setiap Tahun

Kepala Satuan Satpol PP Gunungkidul, Edi Basuki mengatakan dari 11 kapanewon yang sudah dilakukan pelantikan jaga warga, misalnya di Kapanewon Semin meliputi Kalurahan Karangsari dan Pundungsari. Kapanewon Ponjong meliputi Kalurahan Gombang dan Bedoyo Karangasem.

“Untuk Kapanewon Semin meliputi Kalurahan Kemejing dan Candirejo. Kapanewon Gurisubo meliputi Kalurahan Balong dan Jepitu. Kapanewon Karangmojo meliputi Kalurahan Ngawis, Karangmojo, dan Jatiayu. Kapanewon Girisubo meliputi Kalurahan Nglindur dan Songbanyu,” paparnya.

Edi menambahkan untuk Kapanewon Nglipar ada dua kelompok, yakni Natah dan Pilangrejo. Untuk Kapanewon Ponjong meliputi Kalurahan Ponjong, Gejahan, Kenteng. Kapanewon Semin meliputi Kalurahan Semin dan Kalitekuk.

“Titik terakhir yang kita kukuhkan berada di Kapanewon Paliyan Kapanewon Giring dan Kapanewon Purwosari meliputi Kalurahan Giri Cahyo, Giri Asih, dan Girijati. Total untuk tahun 2022 ada 6.255 orang,” tukasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.