Berita Nasional Terpercaya

Semar Mbangun Kahyangan Dipentaskan di Halaman DPRD DIY

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – DPRD DIY menggelar Pagelaran Wayang Kulit di halaman DPRD DIY, Jumat (2/12/2022) malam, mulai pukul 20.00 WIB hingga dini hari keesokan harinya. Lakon yang ditampilkan, Semar Mbangun Kahyangan dengan dalang Ki Geter Pramuji Widodo.

Baca juga: Mas Menteri Sandiaga Ngobrol Bareng Dalang Cilik Di Kampung Wisata Rejowinangun

Pagelaran ini selain sebagai bentuk pelestarian budaya, juga sebagai upaya memperkokoh dan menggelorakan ideologi Pancasila. Diharapkannya pementasan dapat memberikan teladan dan pitutur kepada seluruh khalayak bagaimana implementasi Pancasila dengan pendekatan kebudayaan.

Baca juga: Anak Dan Remaja Jogja Dikenalkan Wayang Gathutkaca Secara Interaktif

“Ini sudah dirancang baik, pagelaran wayang kulit di halaman DPRD DIY bisa memperkokoh, meneguhkan nilai Pancasila di tengah masyarakat dengan pendekatan kebudayaan. Selain wayang ke depan ada beragam kegiatan lain dengan pendekatan budaya,” kata Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto sebelum pementasan.

Ia menjelaskan, sebelumnya selama dua tahun pandemi, acara pentas wayang semacam ini urung dilakukan. “Tetap dengan menegakkan protokol kesehatan,” ujar Eko.

Lakon “Semar Mbangun Kahyangan” ini bercerita tentang nilai-nilai kepemimpinan. Salah satunya tentang pemimpin yang mendengarkan aspirasi rakyat.

Eko Suwanto pun mengatakan, harapannya bahwa penyelenggaraan pagelaran wayang kulit ini tidak hanya menjadi tontonan saja bagi masyarakat akan tetapi dapat menjadikan tuntunan dan pitutur baik bagi masyarakat DIY. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.