Berita Nasional Terpercaya

Penggunaan Teknologi sebagai Bagian dari Transformasi Digital

1

BERNAS.ID – Dua tahun pasca kasus pertama Covid-19 di Indonesia diumumkan, pandemi telah merubah banyak hal dalam kehidupan. Mulai dari aktivitas pendidikan, kesehatan, pemerintahan dan tidak terkecuali perdagangan.

Menurut hasil survei yang dilakukan oleh Kementerian Ketenagakerjaan, sekitar 88% perusahaan di Indonesia terdampak pandemi dan mengalami kerugian karenanya.

Pandemi membawa banyak perubahan yang mengharuskan bisnis untuk beradaptasi dengan cepat agar bisa bertahan. Salah satu akibat pandemi yang paling dirasakan oleh bisnis adalah menurunnya tingkat penjualan sehingga produksi terpaksa harus dikurangi. Akibat produksi yang menurun, sebagian besar bisnis terpaksa harus melakukan pemutusan hubungan kerja atau merumahkan pekerjanya.

Baca Juga : Yogyakarta dan Korsel Kerjasama Kembangkan Agribisnis di Nanggulan Kulonprogo

“Tuntutan produksi dan operasional perusahaan yang tetap harus berlanjut, membuat para pelaku bisnis harus lebih kreatif dalam memanfaatkan sumber daya yang ada. Salah satunya dengan menggunakan teknologi sebagai bagian dari transformasi digital. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi terbukti telah mempermudah transisi di era pandemi,” ujar Ritchie Nathaniel selaku CEO PT. TapTalk Teknologi.

Berikut beberapa bentuk kemudahan yang diberikan oleh teknologi bagi bisnis:

1. Memangkas berbagai pekerjaan operasional

Banyak teknologi yang memberi keuntungan dan dapat memudahkan operasional bisnis perusahaan. Di antaranya seperti aplikasi pencatatan keuangan perusahaan, aplikasi absensi online yang merekam data absen karyawan secara otomatis, dan berbagai aplikasi lainnya yang memangkas proses operasional perusahaan.

Sebagian besar aplikasi berbasis internet juga sudah dilengkapi dengan fitur pelaporan otomatis sesuai dengan periode tertentu yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis dan perusahaan. Sehingga perusahaan dapat memaksimalkan sumber daya untuk melakukan hal – hal lain yang penting seperti analisis dan menyusun strategi bagi bisnis.

2. Mempermudah proses manajemen data

Teknologi membantu bisnis dalam mengarsip dokumen – dokumen penting dan mengubahnya ke dalam bentuk digital yang memiliki fleksibilitas lebih tinggi karena bisa diakses kapan saja dan dimana saja tanpa terhalang ruang dan waktu.

3. Memperluas aktivitas bisnis

Teknologi juga digunakan oleh para pelaku bisnis untuk memperluas area aktivitas bisnisnya, seperti memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produk perusahaan selama 24 jam tanpa henti melalui media sosial.

4. Mempermudah komunikasi

Selama pandemi berlangsung, perusahan perlu mencari cara agar tetap bisa memonitor para karyawan yang bekerja dari rumah. Salah satu teknologi yang dimanfaatkan oleh perusahaan adalah penggunaan tracking apps yang dilengkapi GPS.

Baca Juga : Mahasiswa Jogja Ciptakan UAV, Murah Berteknologi Tinggi

Teknologi ini memungkinkan perusahaan untuk mengetahui dimana posisi karyawan secara real time.
Selain itu penggunaan aplikasi meeting online seperti Google Meet, Zoom dan Skype juga membantu komunikasi antar karyawan dalam perusahaan.

5. Meningkatkan kualitas Customer Relationship Management

Tidak hanya bermanfaat bagi intra perusahaan, teknologi juga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas customer relationship dan membangun komunikasi yang lebih baik dengan pelanggan. Komunikasi yang baik antara pelanggan dengan perusahaan akan memberikan pengalaman yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, selain itu perusahaan juga mendapat feedback yang nantinya dapat digunakan sebagai evaluasi bagi kinerja perusahaan.

Salah satu bentuk teknologi yang dapat digunakan adalah penggunaan chatbot yang dapat memberikan pelayanan yang responsif tanpa adanya batasan waktu. Chatbot juga menjadi solusi bagi perusahaan yang sedang mengalami perampingan tenaga kerja karena chatbot terlibat secara proaktif dalam percakapan dengan konsumen.

Perusahaan juga dapat menggunakan chatbot untuk mengumpulkan data seperti preferensi dan kebiasaan dari pelanggan yang mengunjungi situs web perusahaan. Saat ini ada berbagai aplikasi yang memberikan layanan chatbot bagi bisnis dan salah satunya adalah OneTalk dari TapTalk.io.

TapTalk.io telah dipercaya oleh ACE Hardware, Pertamina, KawanLama dan ratusan perusahaan ternama lainnya. Mulai dari Rp 17.500,00/hari TapTalk.io menawarkan unlimited cases & MAU, 5 agent, 3 channel, analytics report dan masih banyak fitur lainnya yang dapat meningkatkan kualitas layanan konsumen perusahaan. (***)

1 Comment
  1. […] Baca Juga : Penggunaan Teknologi sebagai Bagian dari Transformasi Digital […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.