Berita Nasional Terpercaya

Sekda DIY Inginkan Alternatif Wisata Agar Lebih Variatif

0

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID – Pertunjukan kebudayaan bisa menjadi alternatif wisata di Gunungkidul apalagi saat ini terus terjadi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan. Pertunjukan kebudayaan juga akan meningkatkan minat kunjungan wisatawan.

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) pun membangun dan meresmikan Balai Budaya Putat, Kapanewon Pathuk, Senin (12/12). Selain itu, juga dilakukan penyerahan Sarana dan Prasarana untuk Kalurahan Budaya dan Masyarakat Tahun 2022.

Baca Juga Para Saksi Menjawab Sah, Kaesang Langsung Ucap Alhamdulillah

Peresmian balai budaya dilakukan secara simbolis dengan pemotongan pita oleh Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji didampingi oleh Kepala Dinas Kebudayaan DIY, dan Bupati Gunungkidul.

Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Dian Lakshmi Pratiwi melaporkan Pemda DIY telah menetapkan sebanyak 76 kalurahan sebagai Kalurahan Budaya. “Pengembangan kalurahan budaya pada dasarnya dimaksudkan untuk membangun desa sebagai lembaga kebudayaan yang kreatif, inovatif, produktif dan menyejahterakan masyarakat,” tuturnya.

Selain memberikan hibah berupa balai budaya, Dinas Kebudayaan DIY juga memberikan hibah sarana dan prasarana di antaranya 14 unit gamelan berbahan perunggu untuk kalurahan budaya dan 64 unit gamelan berbahan besi untuk lembaga-lembaga budaya. Selain itu, juga ada yang berupa alat musik kesenian lainnya dan pakaian bregodo.

“Tahun 2022 ini dilakukan pembangunan balai budaya sejumlah empat unit yang masing-masing didanai dengan anggaran sekitar Rp1,5miliar,” ujar Diah.

Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan perlu adanya alternatif wisata misal wisata budaya dan wisata minat khusus agar semakin beragam serta menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

“Perlu adanya alternatif wisata dan itu perlu kita kembangkan agar lebih bervariatif,” katanya

Aji juga berharap dengan diberikannya bantuan balai budaya bisa dimanfaatkan dengan baik dan optimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan kesenian dan budaya. “Balai budaya bisa digunakan untuk pengembangan kesenian dan budaya, dan menjadi kalender event di Kalurahan bahkan di Kabupaten,” tuturnya.

Baca Juga Pesan Butet Kertaradjasa Untuk Kaesang-Erina, Ojo Pegatan!

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan, perkembangan pariwisata di Gunungkidul sudah mulai aktif kembali dan semakin bagus. “Dengan adanya bantuan sarana dan prasarana ini harapannya kedepan dapat mendukung pengembangan wisata dibidang seni dan Kebudayaan,” katanya.

Ia pun berharap dengan adanya pembinaan kepada para pelaku seni dan budaya, nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan minat budaya di Gunungkidul. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.