Berita Nasional Terpercaya

Mengenal Qoala, Insurtech Terbesar di Asia Tenggara yang Fokus Menyediakan Asuransi Individual

1

JAKARTA, BERNAS.ID – Asuransi merupakan salah satu produk yang paling fundamental karena sebagai manusia kita mendambakan keselamatan dan perlindungan dari segala risiko tak terduga. Dengan demikian, asuransi dan nilai pertanggungan yang diberikan tentu menjadi sesuatu yang penting untuk kita miliki.

Qoala telah berdiri selama 4 tahun lebih hadir sebagai perusahaan asuransi teknologi (insurtech) dengan visi solutif yaitu untuk memasyarakatkan asuransi.

Dengan fokus menjadi perusahaan yang customer-centric, Qoala menyediakan beragam jenis produk asuransi yang diperlukan masyarakat dan sesuai dengan gaya hidup. Hal ini diwujudkan lewat kerja sama dengan mitra asuransi dan mitra korporat.

Tidak hanya terbatas asuransi kesehatan dan jiwa saja, Qoala juga menyediakan asuransi lain seperti asuransi gadget, travelling, properti, kendaraan bermotor dan lainnya. Keberagaman jenis produk asuransi yang berfokus kepada kebutuhan individu inilah yang menjadi selling point Qoala.

Baca Juga : Rey, Cara Baru Berasuransi di Indonesia

“Kami sejauh ini berhasil menjadi perusahaan insurtech terbesar di Asia Tenggara dalam hal penjualan asuransi ritel/individual. Sesuai prinsip Qoala, tujuan kami hadir di Indonesia dan Asia Tenggara adalah untuk meningkatkan adopsi asuransi. Jadi, memang fokusnya harus lebih bisa ke ritel,” ujar Tommy Martin selaku Deputy CEO dan Co-founder Qoala, Selasa (13/12/2022).

Terdapat beberapa tantangan yang dihadapi oleh industri asuransi khususnya di Indonesia yaitu, cakupan pasar yang terbatas, ketersediaan jenis produk asuransi yang sesuai dengan masyarakat dan proses penerbitan polis hingga klaim yang sangat manual dan memakan waktu.

Qoala hadir untuk menjadi solusi dari tantangan tersebut dengan berupaya menciptakan teknologi yang memudahkan akses asuransi dengan proses klaim berbasis digital dan machine learning. Teknologi ini membantu asuransi dapat diakses secara mudah bagi semua lapisan masyarakat.

Di sisi lain, Qoala menyadari bahwa pemahaman masyarakat terhadap pentingnya memiliki asuransi adalah salah satu tantangan utama. Oleh karena itu dibutuhkan introductory product (produk perkenalan) yang terjangkau, mudah dipahami dan digunakan.

Qoala menjawab permasalahan ini dengan mengembangkan dan menawarkan berbagai jenis produk asuransi yang lebih sesuai dengan kebutuhan sehari-hari masyarakat seperti traveling, gadget, personal accident hingga investment – supaya asuransi dapat menjadi bagian dari kehidupan masyarakat.

“Lewat penawaran produk-produk ini ketika masyarakat sudah teredukasi dan paham pentingnya asuransi, suatu hari mereka akan memilih produk-produk asuransi ini kembali dan mulai mencari produk asuransi lain yang lebih memberikan proteksi bagi diri mereka. Hal tersebut juga alasan kenapa kami fokus di produk-produk yang tradisional ini karena memberikan perlindungan yang lebih komprehensif kepada masyarakat,” imbuh Tommy.

Usaha tersebut tentunya dijalankan dengan kolaborasi bersama digital startup di berbagai bidang yang sesuai seperti di platform e-commerce, traveling hingga investasi. Melalui kolaborasi ini secara tidak langsung masyarakat akan mulai merasakan manfaat dari asuransi.

Ke depannya, masyarakat akan mulai membeli asuransi sesuai dengan kebutuhan mereka untuk mendapatkan proteksi dan perlindungan jika terjadi hal yang tidak diinginkan serta perlindungan dari segala risiko finansial.

Qoala memiliki Qoala Plus sebagai salah satu unit bisnis utama yang berbasis digital dengan bantuan tenaga pemasar atau yang disebut Mitra Qoala Plus. Teknologi Qoala Plus bertujuan untuk membantu para mitra mendistribusikan produk asuransi, menerima komisi secara instan, dan meningkatkan pemasaran asuransi meliputi pengelolaan polis dan penanganan klaim.

Qoala Plus juga bertugas membantu tenaga pemasar menjual berbagai jenis produk asuransi dari partner terpercaya serta mendukung pemasar menjadi wirausahawan dan membangun hubungan baik dengan pelanggan lewat beragam pelatihan.

Baca Juga : Mengapa Perlu Punya Asuransi Kesehatan Komprehensif? Ini Kata Sequis

Saat ini Qoala Plus telah memiliki lebih dari 50 ribu tenaga pemasar yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan siap membantu kebutuhan asuransi masyarakat Indonesia.

Sebagai pelengkap, Qoala App yang digarap oleh Qoala juga turut menjawab kebutuhan masyarakat akan proses pembelian asuransi dengan akses mudah dan praktis. Qoala App merupakan marketplace asuransi digital untuk mengakses dan membeli berbagai macam asuransi secara langsung lewat situs atau aplikasi Qoala.

Pelanggan dapat secara langsung memilih dan membandingkan berbagai produk asuransi untuk mendapatkan pilihan terbaik dengan harga premi yang terjangkau serta proses registrasi dan pembelian yang cepat dalam hitungan menit tanpa perlu survei. Penasihat asuransi Qoala yang berpengalaman juga akan membantu menemukan solusi asuransi terbaik berdasarkan kebutuhan dan anggaran.

Terkait klaim, kecanggihan teknologi yang dikembangkan Qoala memungkinkan seluruh proses mulai dari pengajuan hingga klaim menjadi lebih mudah dan ringkas. Proses ini dapat dibantu oleh konsultan asuransi Qoala serta tenaga pemasar Qoala Plus.

Pelanggan juga memiliki kesempatan berkonsultasi terlebih dahulu untuk memilih asuransi yang sesuai. Ini menjadi pertimbangan masyarakat untuk memilih membeli asuransi lewat Qoala. Qoala terus berinovasi untuk selalu bisa menjadi akses asuransi digital bagi masyarakat Indonesia dan sebagai solusi dari tantangan mereka dalam memiliki asuransi. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.