Berita Nasional Terpercaya

Basarnas Yogyakarta Lepas Petugas Siaga SAR Nataru

0

BANTUL, BERNAS.ID – Basarnas (Badan Pencarian dan Pertolongan) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melepas petugas siaga SAR Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) di kantor setempat, Senin (19/12). Pelaksanaan Siaga SAR khusus Nataru akan berlangsung selama 16 hari dari tanggal 19 Desember 2022 – 3 Januari 2023.

Posko Induk Siaga SAR khusus Nataru DIY akan berada di Kantor Basarnas Yogyakarta di Jalan Jogja-Wates Km 11,5 Sedayu, Bantul.

Baca Juga Gunungkidul Punya Potensi Besar Di Sektor Kerajinan

Kamal Riswandi, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Yogyakarta mengatakan, berdasarkan Survei Kemenhub RI pada libur Nataru diperkirakan akan ada pergerakan/mobilitas masyarakat sebesar 16,35 persen atau sebanyak 44,17 juta orang, baik menggunakan moda transportasi darat, laut, maupun udara. “Untuk Siaga SAR khusus Nataru, Kantor Basarnas Yogyakarta ada 5 pergerakan,” tuturnya.

Ia menyampaikan, Puncak Arus Mudik Natal diperkirakan pada tanggal 23-24 Desember 2022 dan Puncak arus Balik tanggal 25-26 Desember 2022. Sedangkan, puncak arus mudik Tahun Baru 2023 diperkirakan pada tanggal 30-31 Desember 2022 dan Puncak arus balik tanggal 1-2 Januari 2023.

Untuk potensi ancaman yang perlu diwaspadai dalam pelaksanaan siaga SAR Khusus Nataru, Kamal menyebut bencana hidrometeorologi, yaitu banjir, gelombang tinggi, longsor, banjir bandang, dan angin puting beliung. Kemudian, bencana geologi, yaitu gempa bumi, tsunami, erupsi gunung berapi.

“Kecelakan transportasi seperti kecelakaan kapal, pesawat, dan jalan raya. Yang terakhir, potensi ancaman kondisi yang membahayakan manusia di tempat-tempat wisata,” tuturnya.

Baca Juga DKP Gunungkidul Lepas 400 Ribu Benih Ikan Ke 20 Telaga

Berikut ini, rincian 5 pergerakan Siaga SAR Nataru 2022-2023

Pergerakan 1

Patroli Mobile dengan rute Bandara Adisutjipto-Stasiun Tugu Jogja. Posko Gabungan Siaga SAR khusus Nataru berada di Jln Wates Km 4, Ruko Pelemgurih Gamping, Sleman dengan 4 personil yang siaga 24 jam dengan dilengkapi 1 unit kendaraan Rescue Carier, 1 unit Motor Trail, peralatan Ekstrikasi, Madical Bag, dan peralatan evakuasi lainnya.

Pergerakan 2

Patroli Mobile Unit Siaga Congot Kulonprogo untuk rute patroli kawasan Bandara YIA, pantai wisata di wilayah Kulonprogo dan patroli di Jalan Wates-Purworejo untuk antisipasi kejadian penanganan khusus lakalantas dengan korban terjepit pada kendaraan.

Pergerakan 3

Patroli Mobile untuk rute patroli destinasi Pantai di Gunungkidul dengan kendaraan Rescue Car yang dilengkapi alat ekstrikasi, medical bag, peralatan mountenering (peralatan evakuasi medan vertikal).

Pergerakan 4

Patroli mobil dengan rute destinasi wisata pantai di Bantul dengan dilengkapi kendaraan rescue car beserta alat ekstrikasi, medical Bag,Peralatan Mountenering/peralatan evakuasi medan vertikal. Sedangkan pada tanggal 30,31 desember 2022 sampai 1 januari 2023 distanbykan di Pos SAR Parangtritis berjumlah 4 Personil bersama dengan Sar Satlinmas Parangtritis yang di lengkapi dengan 1 unit kendaraan Beach Patrol.

Pergerakan 5

Kantor Basarnas Yogyakarta menyiagakan 2 unit jetsky dengan 4 personil di Pantai Wediombo, Gunungkidul dari tanggal 30 Desember 2022 sampai 1 Januari 2023. Tim Jetsky akan bersinergi dengan SAR Satlinmas Sadeng untuk pengamanan wisatawan yang berwisata di pantai. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.