Berita Nasional Terpercaya

Manfaat Absensi Online Bagi Perusahaan

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Absensi adalah sebuah kegiatan pencatatan kehadiran atau presensi seseorang dalam suatu acara. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh informasi mengenai jumlah peserta yang hadir pada saat acara berlangsung. Akan tetapi kegiatan absensi tidak hanya dilakukan dalam suatu acara, kegiatan ini juga terjadi pada proses pembelajaran di sekolah dan bekerja.

Fungsi absensi yang dilakukan di sekolah adalah untuk menghitung jumlah kehadiran yang nantinya akan berpengaruh kepada nilai akhir di rapor. Berbeda dengan sekolah, perusahaan menggunakan absensi untuk menghitung besaran gaji karyawan. Sebagian besar perusahaan di Indonesia menghitung gaji karyawan berdasarkan jumlah kehadiran, untuk itu absensi menjadi salah satu kegiatan yang sangat krusial bagi perusahaan.

Di samping fungsi utamanya, perusahaan juga menggunakan absensi sebagai media untuk melihat kinerja dan mengukur tingkat produktivitas karyawan. Untuk itulah perusahaan perlu meningkatkan kualitas manajemen kehadiran karyawan agar lebih efisien. Salah satu cara yang digunakan adalah meng-upgrade sistem absensi konvensional dengan menggunakan
aplikasi absensi.

Baca Juga : 5 Aplikasi Absensi Online untuk Siswa dan Karyawan

“Terlepas dari jenis dan skalanya, setiap perusahaan wajib memiliki sistem absensi yang baik. Hal itu dikarenakan sistem absensi memiliki peranan yang besar bagi perkembangan perusahaan, bisnis dan kinerja karyawan. Pencatatan absensi secara manual selain hasilnya kurang efektif, juga sangat menguras waktu dan tenaga. Maka dari itu, perusahaan dan bisnis butuh terobosan yang dapat memaksimalkan fungsi absensi seperti absensi online,” ujar Albi Panatagama selaku Marketing and Public Relations Manager Appsensi dalam keterangan tertulisnya.

Ada berbagai manfaat dan kemudahan yang didapat perusahaan dari penggunaan sistem absensi online, diantaranya adalah:

1. Hemat Biaya

Absensi online dilakukan melalui aplikasi yang dapat diakses melalui ios/android. Sehingga perusahaan tidak perlu mengeluarkan dana untuk pemasangan perangkat absensi seperti mesin fingerprint.

Selain itu absensi online juga sangat unggul dari segi fleksibilitas, dimana
perusahaan hanya perlu mendaftar dan mengunduh aplikasi melalui smartphone, laptop atau komputer. Sistem ini juga sangat efektif bagi perusahaan yang menggunakan sistem hybrid sehingga karyawan yang tidak bekerja di kantor tidak perlu datang hanya untuk melakukan absensi.

2. Pemantauan secara Real Time

Melalui aplikasi yang terkoneksi dengan internet membuat proses perekaman data dilakukan secara real time. Hal ini sangat memudahkan HRD dalam menghitung kehadiran dan keterlambatan karyawan. Sistem ini juga membantu perhitungan jam lembur karyawan menjadi lebih efisien.

3. Meminimalisir Kecurangan

Tidak hanya proses perekaman data yang dilakukan secara real time, aplikasi absensi juga memungkinkan perusahaan untuk melacak kehadiran karyawan di suatu tempat dengan bantuan teknologi Global Positioning System (GPS).

Baca Juga : Pemkab Ponorogo Terapkan Absensi Online ASN

Sehingga perusahaan tidak perlu khawatir data absensi akan dipalsukan karena teknologi ini memberikan informasi secara detail mengenai lokasi absensi karyawan. Karyawan pun tidak bisa memanipulasi data absensi karena aplikasi telah dilindungi oleh sistem enkripsi.

4. Perhitungan Lebih Akurat

Data absensi yang masuk dalam sistem absensi online akan tersimpan secara otomatis. Hal ini membuat data yang tersimpan menjadi lebih akurat ketimbang dicatat secara manual yang menungkinkan adanya human-error.

5. Rekapitulasi Otomatis

Sistem absensi online akan memudahkan pencatatan dan rekapitulasi data karena proses dilakukan secara otomatis melalui sistem yang ada. Selain itu, sistem online berbasis cloud telah terintegrasi sehingga bila ada perubahan data akan di update secara otomatis dan sudah pasti akurat.

Kemudahan ini tentunya akan membantu kinerja HRD atau personalia, membuat waktu mereka lebih efisien dan mereka dapat melakukan aktivitas produktif lainnya. Salah satu aplikasi absensi yang menyajikan berbagai manfaat seperti di atas adalah Appsensi.

Appsensi merupakan aplikasi absensi online berbasis mobile yang mendukung kebutuhan UMKM, Perusahaan hingga Pemerintahan. Memberikan solusi untuk pencatatan kehadiran, rekapitulasi, hingga penarikan laporan mobile dan online secara real time. Hingga kini
Appsensi telah digunakan oleh berbagai instansi dan perusahaan seperti BNPB, MSIG, Bhinneka Life, Waskita Karya hingga Bank Indonesia. (***)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.