Berita Nasional Terpercaya

PAN DIY Tidak Khawatir Suaranya Tergerus Partai Ummat

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Partai Amanat Nasional (PAN) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tidak khawatir dengan lolosnya Partai Ummat sebagai kontestan Pemilu 2024. Diketahui, Partai Ummat merupakan partai baru besutan Amien Rais yang banyak diprediksi menggerus suara PAN.

Tak dipungkiri, sosok Amien Rais menjadi salah satu tokoh sentral yang turut mendirikan dan membesarkan PAN pasca Reformasi 98. Ia bahkan menjadi tokoh ikonik dari PAN, tapi saat ini, sudah hengkang dari partai berlambang matahari tersebut.

Baca Juga Gunungkidul Punya Potensi Besar Di Sektor Kerajinan

Wakil Ketua DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) PAN DIY, Arif Kurniawan mengatakan, tak memungkiri perpindahan pemilih PAN ke Partai Ummat. Ia mengatakan telah memiliki strategi untuk mengganti ceruk suara yang diambil Partai Ummat.

“Pasti akan ada dulu pemilih PAN pindah ke Partai Ummat. Kita tidak memungkiri itu. Kalau ada ceruk yang terambil Partai Ummat, kita akan cari pengganti,” tutur Arif di ruangan kerjanya, Rabu (4/1/2023).

“Kita punya strategi, ibarat mengembalikan yang tergerus Partai Ummat,” imbuh Arif.

Menurut Arif, gerusan suara Partai Ummat tidak hanya akan menyasar ke PAN saja, tetapi juga akan menggerus suara partai yang bernapaskan Islam seperti PKS. “Selama ini loyalis Pak Amien tidak hanya di PAN saja, mengidolakan tapi sudah punya afiliasi partai lain,” katanya.

Ia mengatakan perolehan suara PAN di DIY karena kerja politik caleg dan mesin partai. “Kita bisa mengukur, beberapa kali pemilu, tidak karena sosok Pak Amien. Tapi kerja politik sosok caleg dan mesin partai. Selama ini faktanya itu,” katanya.

Baca Juga Sleman Siap Menjadi Sentra Tanaman Kopi

Soal organisasi di PAN DIY, Arif menyebut masih solid dan tidak ada persoalan sampai saat ini. Ia mengatakan setelah musyawarah daerah, telah selesai dilakukan pembentukan kader-kader di tingkat padukuhan dan pengurus di tingkat ranting. “Langkah kita saat ini sudah mencari calon-calon legislatif yang akan maju nanti,” ucapnya.

“Identifikasinya justru lawan kita (di Pemilu 2024) partai-partai besar seperti PDIP,” tukasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.