Berita Nasional Terpercaya

63 Mahasiswa Terdampak Gempa Cianjur di DIY Dapat Bantuan Biaya Hidup

1

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) memberi bantuan 63 mahasiswa asal Cianjur yang terdampak gempa bumi. Bantuan ini diserahkan langsung Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (10/1/2023).

Usai menyerahkan bantuan, Sri Sultan mengatakan, bantuan bagi mahasiswa asal Cianjur terdampak gempa bumi ini berupa bantuan biaya jatah hidup selama delapan bulan ke depan. Total bantuan yang mencapai Rp315 juta ini diharapkan mampu meringankan beban para mahasiswa tersebut selama masih menempuh pendidikan di Yogyakarta.

Baca Juga DKP Gunungkidul Lepas 400 Ribu Benih Ikan Ke 20 Telaga

“Jadi ini kami membantu hanya untuk living cost. Bantuan ini diberikan by name by address, jadi nanti silakan diambil setiap bulannya selama 8 bulan. Kalau ada masalah, silahkan bisa dikomunikasikan dengan Dinas Sosial DIY,” pesan Sri Sultan kepada para mahasiswa penerima bantuan.

Lanjut tambahnya, Pemda DIY juga telah melayangkan surat ke kampus-kampus para mahasiswa penerima bantuan tersebut sebagai imbauan untuk dapat meringankan beban biaya perkuliahan para mahasiswa tersebut. Menurut Sri Sultan, sudah ada satu mahasiswa yang mengaku dibebaskan dari biaya kuliah satu semester. Sri Sultan berharap para mahasiswa ini bisa lulus dengan baik tanpa perlu putus kuliah.

“Kami juga sudah komunikasikan (peringanan biaya) dengan pihak kampus dari masing-masing mahasiswa, jadi tolong nanti dikonfirmasikan dengan pihak kampus. Harapan saya, adik-adik semua bisa tenang untuk menyelesaikan pendidikannya, karena pasti datang ke Jogja untuk sekolah. Jangan sampai DO (drop out), harus selesai karena untuk masa depan anda sendiri,” imbuh Sri Sultan.

Baca Juga Bappebti Imbau Masyarakat Waspadai Perdagangan Aset Kripto

Ketua Yayasan Persaudaraan Masyarakat Yogyakarta, Antonius Simon mengatakan, yayasan yang dipimpinnya ini juga turut serta menjadi donatur pemberian bantuan kepada para mahasiswa asal Cianjur ini. Yayasan yang saat ini fokus menyalurkan bantuan di bidang pendidikan ini menjadi pihak yang menanggung bantuan biaya hidup 63 mahasiswa ini.

“Bantuan kali ini merupakan gabungan, ada juga dari Bank BPD DIY dan Dinas Sosial DIY. Yayasan kami sendiri terdiri dari 68 pengusaha di Yogyakarta yang sudah mulai menjadi donatur sejak peristiwa tsunami 2004 lalu,” ujarnya sebagai inisiator penggalangan bantuan.

Simon menjelaskan, penentuan mahasiswa penerima bantuan dilakukan oleh Dinas Sosial DIY. Dari jumlah 100 lebih mahasiswa, terpilih 63 mahasiswa asal Cianjur yang dinilai paling layak menerima bantuan. Bantuan nantinya akan langsung dikirimkan ke rekening Bank BPD DIY masing-masing mahasiswa setiap bulannya.

“Dana bantuan berupa uang tunai yang akan langsung dikirim ke rekening masing-masing mahasiswa. Semoga yayasan kami ke depannya bisa terus menyalurkan bantuan bagi yang membutuhkan,” harapnya.

Ketua Perhimpunan Mahasiswa Cianjur di Yogyakarta, Rifqi Nugraha mewakili teman-teman mahasiswa asal Cianjur, Rifqi pun mengungkapkan rasa rasa terima kasih mereka dengan adanya bantuan ini. Ia pun merasa sangat terbantu dengan kabar bahwa Pemda DIY telah menghubungi pihak kampus, di mana para mahasiswa asal Cianjur ini menuntut ilmu, untuk bisa membebaskan atau setidaknya meringankan biaya kuliah. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.