Berita Nasional Terpercaya

Dukung Program Ketahanan Pangan, TNI AL Banjarmasin Laksanakan Panen Raya Jagung Ke 3

0

Bernas.id || BANJARMASIN

 

Tanah Laut-Dalam rangka membantu pemerintah daerah guna meningkatkan penguatan kedaulatan pangan melalui sektor pertanian, dengan lahan seluas 2 Ha ( Hektar ), Lanal Banjatmasib melaksanakan panen raya jagung jenis hibrida dengan hasil secara keseluruhan mencapai 4.400 Kg, pada Rabu ( 11/01/2023 ) .

dok.humas Lanal Banjarmasin

 

Lahan pertanian yang bertempat di Desa Transal Tambang Ulang, Kecamatan Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut ini dikerjakan oleh prajurit Lanal Banjarmasib dengan warga setempat. Mulai dari proses penanaman, perawatan, pengelolaan, sampai proses panen dengan masa waktu panen 90 hari ( 3 bulan ).

dok.humas Lanal Banjarmasin

 

Komandan pangkalan TNI Angkatan Laut ( Danlanal ) Banjarmasin, Kolonel Laut ( P ) Herbiyantoko, M.T. Hanla didampingi Perwira stafnya menyampaikan bahwa panen raya ini sudah dilaksanakan tiga kali ditempat yang sama. Sebelumnya, pada tanggal 10 Januari 2022, dan 23 November 2022 yang memperoleh hasil sebanyak 7.000 Kg.

” Jagung merupakan bagian alternatif dari kebutuhan pokok, untuk itu kami menghimbau kepada masyarakat yang berprofesi sebagai petani untuk menjadikan hal ini sebagai motivasi agar terpacu dalam memanfaatkan lahan guna menghidupkan perekonomian dan sebagai sumber ketahanan pangan nasional maupun daerah.” terang Danlanal

Danlanal juga menjelaskan, panen raya inu merupakan bentuk keberhasilan dan keseriusan Prajurit Lanal Banjarmasin dalam hal membantu dan mensukseskan kemajuan ekonomi dilapisan masyarakat, serta sebagai aksi cepat tanggap TNI Angkatan Laut terhadap permasalahan ataupun kesulitan rakyat, melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi Institusi, masyarakat, bangsa dan negara.

Pada kesempatan yang sama, ketua kelompok tani Jaya Mulya, Bapak Slamet yang juga merupakan warga Transal Tambang Ulang, menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasinya kepada TNI Angkatan Laut atas peran aktif dan kontribusi dalam membantu perekonomian dan peningkatan kesejahteraan rakyat.

Dalam kegiatan ini turut hadir juga pengurus Jalasenastri Cabang 4 Korcab XIII DJA, tokoh masyarakat, kelompok tani Jaya Mulya, serta para tamu undangan.

 

(Rosa)

Leave A Reply

Your email address will not be published.