Berita Nasional Terpercaya

Paspampres Bor Air Bersih di Gunungkidul

0

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID – Pasukan pengamanan presiden (Paspamres) melakukan kegiatan pengeboran air bersih dalam rangka Hari Bakti ke-77 di wilayah Padukuhan Trukan, Kalurahan Karangasem, Kapanewon Paliyan, Gunungkidul, Rabu (11/1/2023).

Pemberian bantun pengeboran air bersih ini secara simbolis ditandai dengan pemukulan kentongan, dan penyalaan mesin (start engine) mesik pengeboran milik WBBS Yogyakarta.

Baca Juga DKP Gunungkidul Lepas 400 Ribu Benih Ikan Ke 20 Telaga

Komandan Paspamres, Marsekal Muda TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko mengatakan, Bumi Handayani dipilih bukan tanpa alasan. Baginya, Gunungkidul merupakan rumah kedua karena banyak kenangan tercipta disini.

“Orang tua saya asli Gading, Playen,
saya besar di Jakarta tapi semasa kecil sering ke sini (Gunungkidul). Ada bantuan saya arahkan saja ke Gunungkidul untuk saudara-saudara saya,” kata Wahyu.

Lanjut tambahnya, pihaknya juga telah melakukan bakti sosial menggelar pengobatan gratis di wilayah Cianjur, Jawa Barat. Kegiatan yang digelar di Gunungkidul merupakan kegiatan kedua.

“Saya berharap nantinya fasilitas air bersih ini di jaga, dimanfaatkan sebaik mungkin. Kita berdoa bersama sumber air ini melimpah,” ujarnya.

Baca Juga Bappebti Imbau Masyarakat Waspadai Perdagangan Aset Kripto

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak, Dwi Purwantoro mengatakan debit air sungai bawah tanah yang dilakukan pengeboran sangat tinggi mencapai 1 liter per detik. “Debit air ini akan mampu digunakan untuk mencukupi kebutuhan air 1000 orang,” ucapnya.

Ia menyampaikan sebelum pengeboran dilakukan pihaknya sudah menentukan titik adanya debit air yang tinggi menggunakan geo listrik sehingga debit air tidak akan kering mesti diambil oleh warga.

“Di kedalaman sekitar 30 meter ada cekungan dengan persediaan air sungai yang melimpah. Ini yang kita ambil airnya,” jelasnya.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengucapkan terima kasih kepada Komandan Paspamres atas kepedulian membantu menyediaan air bersih di Gunungkidul. Pihaknya berharap fasilitas ini dijaga oleh masyarakat.

“Seperti inilah keadaan Gunungkidul bapak. Wilayah selatan memang memiliki keadaan geografis berupa pegunungan sehingga masih ada beberapa wilayah yang mengalami kekurangan air bersih,” tukas Bupati. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.