Berita Nasional Terpercaya

Kenalkan Perguruan Tinggi, Madrasah Mu’allimaat Mengadakan Career Day

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Dalam rangka mengembangkan minat dan bakat siswi-siswinya, Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta menggelar Career Day pada hari Rabu (11/1/2023) di halaman sekolah setempat.

Career day ini khusus diperuntukan bagi siswi kelas I, II, III, IV, V, dan VI. Dalam kegiatan tersebut terdapat berbagai rangkaian acara seperti pembuatan pohon karir, ajang kreativitas siswi, diskusi panel alumni, market day dan science show, serta seminar perguruan tinggi swasta, serta seminar perguruan tinggi negeri.

Badan Pembina Harian (BPH) Madrasah Mu’allimin dan Mu’allimaat, Ridwan Furqoni menjelaskan, Career Day ini digelar untuk mempersiapkan diri para siswi kelas V dan VI menuju jenjang perguruan tinggi.

Baca Juga : Tips Sukses Karir bagi Mahasiswa Jurusan IT ala CEO SEVIMA

“Career day ini untuk siswi kelas V dan VI atau 2 dan 3 Aliyah, merupakan pameran perguruan tinggi untuk mempersiapkan mereka, mengenalkan perguruan tinggi lebih awal agar nanti pilihannya lebih tepat sesuai potensi dan minat siswi,” ujar Ridwan disela Career Day.

Menurut Ridwan, memperkenalkan perguruan tinggi sangat penting bagi mereka yang menempuh sekolah tingkat menengah, sehingga dapat membantu memilih perguruan tinggi yang tepat.

“Ini sangat penting, karena sekolah tingkat menengah ini kan dasar, yang nanti harus dilanjutkan ke perguruan tinggi. Pilihan perguruan tinggi yang tepat itu akan sangat membantu mereka mengakami percepatan dalan karirnya,” kata Ridwan.

Sehingga, laniut Ridwan, dengan adanya Career Day ini siswi bisa lebih mengenal perguruan tinggi lebih awal.

“Jadi ketika dia harus memilih nanti pada waktunya sudah tidak ada kebingungan lagi,” ucap Ridwan.

Sementara itu, Direktur Madrasah Mu’allimaat, Unik Rasyodah menjelaskan, ada 15 perguruan tinggi yang mengikuti Career Day kali ini. Dan setiap tahunnya, Unik mengakui hampir keseluruhan lulusan Madrasah Mu’allimaat melanjukan ke perguruan tinggi, baik swasta, negeri, bahkan ada yang di luar negeri.

Baca Juga : MI Muhammadiyah Jogonalan Raih 5 Kejuaraan Lomba Festival Galang Madrasah Lazis UNISIA

“Untuk anak-anak Mu’allimaat hampir semuanya melanjutkan, hampir 100 persen, pilihannya perguruan tinggi baik dalam ataupun luar negeri,” kata Unik.

Dan rata-rata, lanjut Unik, lulusan Madrasah Mu’allimaat tidak hanya berhenti dijenjang Strata 1 (S1), ada pula yang melanjutkan S2 dan seterusnya.

“Siswi-siswi cukup antusias karena ini dari mereka mendapatkan informasi tentang perguruan tinggi sejak awal atau sejak dini,” ucap Unik. (cdr)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.