Berita Nasional Terpercaya

Hadiri Pembukaan Porseni NU, Begini Kata Ganjar

0

SEMARANG, BERNAS.ID – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri pembukaan Pekan Olahraga dan Seni Nahdlatul Ulama (Porseni NU) tingkat nasional 2023 di GOR Sritex Arena, Solo, Senin (16/1/2023). Ganjar mengatakan, kegiatan ini hanya sebagian dari spirit dan semangat di luar tradisi tahlilan, istighosah, hingga manaqiban yang rutin dilaksanakan.

“Spirit dan semangatnya susah kita cari padanannya. Saya yakin kalau misalnya Stadion Manahan diizinkan untuk pembukaan, itu kira-kira ngalahi Asian Games yang datang,” ucap Ganjar

Baca juga: Jogja Istimewa, Meriah Sambut Awal Tahun 2023 Bersama Ganjar Pranowo Festival

Gubernur Jateng dua periode itu duduk sejajar dengan Rais ‘Aam PBNU Miftachul Akhyar, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Ketua Pelaksana Harlah Satu Abad NU Yenny Wahid.

“Pembukaannya top, pakai teknologi lagi. Bagi saya ini menggembirakan sekali karena hadir di acara dari sedulur NU yang hari ini melaksanakan kegiatan luar biasa, Porseni,” katanya.

Baca juga: Elektabilitasnya Tinggi, Ganjar: Enggak Usah GR

Menurutnya, event ini dapat menjadi stimulan dan rangsangan untuk melahirkan bibit-bibit atlet berprestasi dan membawa Indonesia menempati peringkat yang jauh lebih baik di olahraga dan seni.

“Ini bagian dari pembibitan atlet yang kita harapkan muncul di Sea Games, Asean Games bahkan sampai Olimpiade dan akan kita buktikan besok bagaimana atlet-atlet semua bermain dengan hebat dan kelak kemudian bisa berkembang jadi atlet yang luar biasa,” lanjutnya.

Pasalnya, ia menilai olahraga dan seni tidak bisa lepas dari kehidupan santri di pondok pesantren. Sebagaimana kisah KH Mustofa Bisri atau Gus Mus yang selama bersekolah adalah pemain bola.

“Nah ini menunjukkan hobi-hobi olahraga dari pesantren itu hebat, bahkan banyak Romo Kiai juga atlet. Selamat bertanding, Insyaallah saya dan semua akan coba bantu melihat, mengawasi dan melayani,” jelasnya.

Sebagai tambahan informasi, kegiatan yang berlangsung selama 14-21 Januari 2023 ini diikuti 3.400 atlet dari 34 provinsi di Indonesia. Cabang olahraga yang ditandingkan antara lain sepakbola, bulutangkis, voli hingga silat. Sedangkan seninya melombakan pembacaan kitab alfiyah dan MTQ. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.