Berita Nasional Terpercaya

Pemkab Sleman Agendakan 60 Kegiatan Seni dan Budaya Selama 2023

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Pemerintah Kabupaten Sleman resmi meluncurkan Calendar of Event Tahun 2023 yang berisi informasi 60 kegiatan seni atau budaya berskala lokal, nasional, bahkan internasional selama setahun. Puluhan kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sleman.

Sejumlah kegiatan yang menjadi highlight, antara lain Festival Van der Wijck (2-3 Juni 2023), Prambanan Jazz Festival (7-9 Juli dan 14-16 Juli 2023), Tour de Merapi (25 Juli 2023), Sleman Creative Week (20-22 Oktober 2023), Sleman Temple Run (5 November 2023), Ngayogjazz (18 November 2023), dan Jogja International Heritage Walk (18-19 November 2023).

Baca Juga Sleman Siap Menjadi Sentra Tanaman Kopi

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengatakan, peluncuran Calendar of Event bertujuan untuk memberikan informasi sehingga masyarakat mengetahui jadwal kegiatan seni dan budaya di Sleman. Nantinya, akan meningkatkan kunjungan pariwisata di Kabupaten Sleman.

“Kami berharap dengan peluncuran Calendar of Event, masyarakat dapat mengetahui pelaksanaan event di Kabupaten Sleman pada 2023 sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan pariwisata Kabupaten Sleman,” tuturnya.

Ia berharap nantinya kunjungan pariwisata ke Kabupaten Sleman akan meningkat sehingga menggerakkan UMKM, ekonomi kreatif, akomodasi, dan lain sebagainya. Ia pun mengajak seluruh stakeholder dan masyarakat untuk bersama-sama mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan event-event di Kabupaten Sleman sepanjang tahun 2023.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Ishadi Zayid mengatakan, peluncuran Calendar of Event untuk memudahkan para wisatawan dalam menikmati agenda wisata di Kabupaten Sleman. Ia mengatakan targetnya untuk meningkatkan Length of Stay (LOS) dan angka belanja wisatawan.

“Targetnya, jumlah kunjungan wisatawan pada 2023 bisa menyentuh angka 8 juta orang. Angka ini dipatok lebih tinggi dari jumlah kunjungan pada tahun 2022 yang mencapai lebih dari 7,5 juta orang. Untuk PAD kami targetkan naik 20 persen. Tahun kemarin tercapai hampir Rp 5 milyar dari retribusi belum pajak hotel dan restoran,” katanya Ishadi.

Baca Juga Prilly Mengisi Kelas Kajian Selebritas Di Fisipol UGM

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharja mengapresiasi peluncuran Calendar of Event 2023 Kabupaten Sleman, sekaligus mengapresiasi Kabupaten Sleman atas kontribusinya untuk DIY karena pada tahun 2022 menjadi peringkat pertama untuk pergerakan wisatawan domestik se-Indonesia di angka 6,13.

“Salah satu penggerak wisatawan domestik yakni adalah melalui penyelenggaraan event. Tentu saya berharap kedepan penyelenggaraan event di Kabupaten Sleman terus ditingkatkan kualitasnya dan berdampak positif bagi masyarakat,” pungkas Singgih. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.