Berita Nasional Terpercaya

Jembatan Mesjid Jami Diresmikan, Warga Antusias

0

BERNAS.ID, BANJARMASIN – Jembatan Sulawesi 2 di Jalan Sulawesi, Kelurahan Pasar Lama, Kecamatan Banjarmasin Tengah, akhirnya diresmikan pada Jumat (20/1/2023) pukul 09.00 Wita.

Peresmian jembatan yang awalnya bernama Jembatan Sulawesi 2 ini diresmikan oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, dan dihadiri oleh Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana A Martosumito, S.I.K, M.H beserta jajaran, Dandim 1007 Ilham Yunus, S.Sos, M.Si beserta jajaran, dan Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin beserta jajaran.

Deras hujan pada peresmian ini tidak menghalangi antusias warga sekitar untuk datang dan menyaksikan setiap prosesinya.

Sebagai Walikota Banjarmasin sekaligus yang akan menandatangi prasasti papan nama pada peresmian ini, Ibnu Sina menyampaikan beberapa pesan kepada masyarakat dalam pidatonya.

Walikota Banjarmasin saat pidato pembukaan pada peresmian Jembatan.
dok. Bernas.id

 

“Mari kita jaga dan rawat hasil hasil pembangunan di Banjarmasin, karena kita tidak hanya membangun tetapi kita terus menata kawasan Banjarmasin.” ucapnya

Ibnu Sina juga berpesan, agar jembatan yang baru untuk dijaga, dan tidak di grafiti.

Penabuhan alat musik penanda dimulainya prosesi peresmian
dok. Bernas.id

 

Setelah pidato singkat dari Walikota Banjarmasin, acara kemudian dilanjutkan dengan penabuhan alat musik Terabang sebagai penanda dimulainya prosesi peresmian jembatan, penandatangan prasasti papan nama, dan pemotongan tumpeng.

Saat akan dilakukan penandatangan prasasti
dok. Bernas.id

Potongan tumpeng pertama diberikan Walikota Banjarmasin kepada Ibu Suri Sudarmadiyah Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin, lalu dilanjutkan kepada Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana A. Martosumito, S.I.K, M.H dan Dandim 1007 Kolonel Inf Ilham Yunus S.Sos, M.Si .

Pemotongan tumpeng pada peresmian jembatan
dok. Bernas.id

Ada yang menarik pada saat prosesi pemotongan tumpeng, warga yang hadir semakin menunjukkan antusiasnya, hal ini langsung terbaca oleh Kapolresta Banjarmasin.

Kapolres kemudian mengajak warga untuk ikut makan bersama setelah prosesi potong tumpeng.

” Abis ini ayo makan bareng-bareng ya semua.” ucap Kapolres.

Sikap humanis yang ditunjukkan Kapolresta ini membuat suasana semakin akrab, pemandangan tak biasa terlihat pada hari peresmian jembatan yang kemudian disepakati dengan nama Jembatan Mesjid Jami ini seakan tidak ada “jeda” antara para pejabat dengan masyarakat yang hadir. Semua menyatu dan menjadikan suasana semakin hangat ditengah terpaan hujan pagi yang dingin.

Keakraban tanpa jeda antara pejabat dan masyarakat yang ikut menikmati sajian.
dok. Bernas.id
Prosesi pemotongan pipa di Jembatan Mesjid Jami.
dok. Bernas.id

Acara kemudian ditutup dengan pemotongan pita yang dilakukan oleh Ibnu Sina dan disaksikan oleh Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana A. Martosumito, S.I.K , M.H , Dandim 1007 Kolonel Inf Ilham Yunus, S.Sos, M.Si , Dinas PUPR Kota Banjarmasin Beserta Jajaran, serta masyarakat yang hadir.

(Rosa)

Leave A Reply

Your email address will not be published.