Berita Nasional Terpercaya

DPW PSI DIY Buka Posko Layanan Sertifikasi Rumah Ibadah

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DIY resmi membuka Posko Layanan Sertifikasi Rumah Ibadah. Posko beralamat di Jl Miliran, Gg Tj I, No.214, Muja Muju, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

Kamaruddin, SH, MH, Ketua DPW PSI DIY mengatakan, DPW PSI bekerjasama dengan Kementerian Agraria Tata Ruang/ATR, Badan Pertanahan Nasional/BPN untuk layanan sertifikasi rumah ibadah. Misalnya, sertifikasi tanah wakaf untuk tempat/rumah ibadah, seperti mesjid, musholla, vihara, pura, dan gereja.

“Layanan sertifikasi cuma-cuma yang diselenggarakan oleh DPW PSI DIY ini berlaku seluruh rumah ibadah bagi umat beragama apapun,” tutur Kamaruddin.

Baca Juga Bupati Gunungkidul Resmikan Kantor Klasis Gereja Kristen Jawa

Lanjut tambahnya, adapun tujuan layanan sertifikasi rumah ibadah DPW PSI DIY agar tanah wakaf dan aset keagamaan terlindungi dan terikat hukum, yang berupa keluarnya surat sertifikat oleh Badan Pertahanan Nasional sehingga tidak akan hilang dan dijual oleh oknum-oknum tertentu.

“PSI mengapresiasi perhatian dan gerak cepat Kementerian ATR/BPN memberantas mafia tanah yang mungkin terjadi juga pada rumah ibadat. Ini memberikan kepastian hukum, selain tentunya juga tertib administrasi pertanahan,” ujar Kamaruddin.

Baca Juga Kemendag Sebut Nilai Ekspor Etanol Tumbuh Signifikan

Sejalan dengan pernyataan Wamen ATR/Waka BPN, Raja Juli Antoni, Kamaruddin menyebut DPW PSI DIY bekerjasama dengan Kementerian Agraria Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk membantu sertifikasi lahan rumah ibadat apapun di mana nama Tuhan diagungkan, secara adil tanpa terkecuali dan tanpa diskriminasi.

Sepanjang tahun 2022, Kementerian ATR/BPN telah menyerahkan 18.852 sertifikat tanah wakaf dan rumah ibadah di seluruh Indonesia. “Kami menghimbau para tokoh-tokoh agama dan pengurus aset rumah ibadat yang berada di daerah DIY untuk mensertifikasi lahan rumah ibadatnya. DPW PSI DIY siap membantu proses sertifikasinya. Silakan datang ke posko layanan kami,” pungkasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.