Berita Nasional Terpercaya

Mahasiswa UMY Raih Juara 2 Lomba Technogine

0

BANTUL, BERNAS.ID – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dari Program Studi Teknik Mesin dan Teknik Elektro memenangkan perlombaan Technogine 2022 yang diselenggarakan oleh Telkom University. Serangkaian perlombaan Technogine sudah berlangsung sejak beberapa bulan lalu dengan perlombaan inti di bulan Januari 2023.

Di bawah naungan Research Technology of Flight Aerogear UMY, Fallah Alfrido Firmansyah, Wahyu Aji Pratama, Miftahul Faruq Ibnul Fatoni dan Muhammad Ihsan menyabet Juara 2 Kategori Technology Vertical Drone Mission.

Baca Juga Dubes Norwegia Sebut Yogyakarta Akan Banyak Lahirkan Pemimpin

Diketahui, Technogine merupakan ajang perlombaan teknologi tingkat nasional dengan peserta yang berasal dari perguruan tinggi swasta dan negeri di Indonesia. Terdapat total 15 Perguruan Tinggi swasta dan negeri yang mengikuti perlombaan ini.

Fallah menyampaikan rasa gembiranya ketika menjuarai Technogine 2022. “Saya senang sekali menjuarai perlombaan ini. Terlebih lagi, ini adalah kali pertama saya dan teman-teman mengikuti perlombaan dengan kategori drone vertical,” tuturnya ketika dihubungi, Selasa (24/1/2023).

Pada Technogine 2022, Fallah dan tim menampilkan drone jenis quadcopter yang ditambahkan dengan Artificial Intelligence (AI). Drone ini sendiri dapat membaca warna objek dari suatu benda yang diidentifikasi. Drone ini juga dapat menjatuhkan paket atau barang sesuai dengan warna yang diinginkan.

Baca Juga Konsil Kedokteran Indonesia Antisipasi Masuknya Dokter Asing Saat MEA 2025

Fallah mengatakan, kesulitan dari pembuatan drone pada perlombaan tersebut terletak pada penambahan AI pada drone itu sendiri. “Kesulitan yang kami hadapi terdapat pada proses pembuatan drone, yakni pembuatan AI yang harus dipadukan dengan sistem drone agar drone tersebut berjalan stabil dan tidak error,” ujarnya.

Melalui perlombaan tersebut, Fallah mengajak mahasiswa UMY khususnya mahasiswa Fakultas Teknik untuk mencoba kegiatan atau perlombaan untuk menambah pengalaman. “Saya harap mahasiswa Fakultas Teknik dapat mencoba kegiatan atau perlombaan yang out of the box. Dari kegiatan atau perlombaan tersebut, setidaknya kita akan mendapatkan pengalaman dan ilmu yang belum tentu didapatkan di kampus,” pungkasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.