Berita Nasional Terpercaya

55 Kelurahan dan 18 Faskes di Sleman Telah Layani Posyandu

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sleman kembali melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Pelaksanaan Pos Pelayanan Dokumen Kependudukan (Posyandu) dengan 17 Kalurahan dan 9 Fasilitas Kesehatan. Perjanjian kerjasama ini menjadi tahap yang ketiga.

Sebelumnya, pada tahun 2022, Disdukcapil Sleman melakukan penandatanganan PKS tahap pertama dengan 21 Kalurahan dan 9 Faskes, serta tahap kedua dengan 17 Kalurahan. Total saat ini sudah ada 55 Kelurahan dan 18 faskes yang melakukan kerjasama Posyandu dengan Disdukcapil Sleman.

Baca Juga Gunungkidul Punya Potensi Besar Di Sektor Kerajinan

Kepala Disdukcapil Sleman, Susmiarto mengatakan, pos pelayanan dokumen kependudukan di kelurahan-kelurahan dan fasilitas kesehatan sebagai alternatif penduduk untuk kemudahan memperoleh dokumen kependudukan seperti akta kelahiran dan akta kematian.

“Menjalin kerjasama dengan kami untuk melayani dokumen kependudukan sebagian seperti sinkronisasi NIK, akta kelahiran, dan akta kematian,” tuturnya di sela-sela penandatanganan PKS Posyandu, Rabu (25/1/2023).

“Mohon kerjasama ini dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Masyarakat tolong dilayani dengan sebaik-baiknya dengan data yang benar,” imbuhnya.

Ia pun memberikan arahan saat nanti akan melayani masyarakat. “Kalau memproses itu dicek dokumen kependudukan, terutama KK yang ada tanda tangan barcode. Selain itu, masalah data dijaga dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Terkait kelurahan yang belum menyediakan layanan Posyandu, Susmiarto mengatakan, pihaknya akan terus mendorong agar nantinya, 86 kelurahan bisa menyediakan layanan tersebut. “Ya kita akan mendorong karena tergantung kelurahan. Kalau pelayanan bagus, kelurahannya akan terangkat,” katanya.

“Kita juga kasih papan nama agar masyarakat tahu bisa melayani Posyandu. Mari bareng-bareng kita melayani masyarakat secara baik,” tukasnya.

Baca Juga DKP Gunungkidul Lepas 400 Ribu Benih Ikan Ke 20 Telaga

Kelurahan yang melakukan PKS Posyandu di tahap ketiga di antaranya Trihanggo, Sidoluhur, Sidokarto, Sumbersari, Sendangrejo, Sumberharjo, Tamanmartani, Selomartani, Pondokrejo, Tambakrejo, Merdikorejo, Wonokerto, Argomulyo, Glagaharjo, Kepuharjo, Umbulharjo, dan seterusnya.

Sedangkan, fasilitas kesehatan yang melakukan PKS Posyandu di tahap ketiga, yaitu RS Bhayangkara, RS Panti Nugroho, RSKIA Artika Bunda, Klinik Pratama Anugerah, RSI PDHI, Mitra Paramedika, Klinik Pratama Sayang Keluarga, RS Condongcatur, dan seterusnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.