Berita Nasional Terpercaya

UMY Salurkan Rp1,2 Miliar Zakat Institusi kepada 57 Lembaga

0

BANTUL, BERNAS.ID – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menyalurkan zakat kepada institusi 57 AUM (Amal Usaha Muhammadiyah) pada Semester Ganjil 2022/2023 di Gedung AR Fakhruddin B, Sabtu (28/1/2023).

Penyaluran zakat institusi ini berwujud beasiswa bantuan sesuai proposal hingga jenis bantuan lainnya. Sebelumnya, proposal yang masuk dan diterima Tim Zakat Institusi berjumlah 280 eksemplar.

Baca Juga Bappebti Imbau Masyarakat Waspadai Perdagangan Aset Kripto

Ketua Tim Zakat Institusi UMY, Eko Wahyudi mengatakan timnya tidak dapat merealisasikan keseluruhan proposal yang masuk. “Dari 280 eksemplar proposal yang masuk, kami harus menyeleksinya dan didapati 57 AUM yang akan menerima Zakat Institusi pada Semester Ganjil 2022/2023,” katanya.

Lanjut tambahnya, dana zakat institusi bersifat sebagai dana pendamping yang nilainya tidak dapat memenuhi permintaan sesuai proposal yang diajukan. “Anggaplah zakat institusi ini sebagai dana pendamping bagi para penerima,” kata Eko.

Baca Juga Kemendag Sebut Nilai Ekspor Etanol Tumbuh Signifikan

Sementara itu, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Daerah Istimewa Yogyakarta, Gita Danu Pranata menjelaskan diksi Pentasyarufan Zakat Institusi sudah berlaku selama 20 tahun lebih dengan sebutan awal, Dana Sosial.

“Sebutan Pentasyarufan Zakat Institusi ini sebenarnya sudah berlangsung selama 20 tahun. Dan sejak itu, dana zakat institusi dikelola oleh Tim Zakat Institusi,” katanya

Rektor UMY, ProfnGunawan Budiyanto menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para penerima zakat Institusi karena sudah sabar menunggu penyaluran dana zakat. “Terima kasih kepada penerima Zakat Institusi sudah menunggu dengan sabar penyaluran dana Zakat Institusi. Semoga dana Zakat Institusi ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin,” tukasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.