Berita Nasional Terpercaya

Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta 2023, Digelar Luring, Banyak Atraksi Menarik

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Memperingati momen Cap Go Meh selepas Imlek, Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) 2023  dilangsungkan di kawasan Ketandan Yogyakarta. Ini adalah pertama kalinya PBTY digelar luring pascapandemi.

Mengambil tema “Bangkit Jogjaku untuk Indonesia” pembukaan Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta 2023, Senin (30/1/2023) malam dihadiri langsung oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Ketua Pelaksana PBTY Sugiarto memaparkan pada tahun 2023 ini, PBTY XVIII memang akan kembali digelar secara luring, setelah dua tahun terakhir terpaksa diselenggarakan secara daring akibat pandemi COVID-19. Bertempat di kawasan Pecinan Ketandan, Kota Yogyakarta, apabila sesuai rencana, event ini berlangsung pada 30 Januari hingga 5 Februari 2023 mendatang.

“Pekan Budaya Tionghoa ini yang sudah ke-18. Karena kemarin pandemi, jadi di 2021 dan 2022 kami tidak bisa melaksanakan secara offline, kita adakan secara online,” tutur Sugiarto.

Baca juga: PBTY Ke-17 Diselenggarakan Secara Virtual Mulai 11 Februari 2022

Lebih lanjut Sugiarto menyebutkan, PBTY XVIII 2023 kali ini akan berlangsung sepekan dan penuh atraksi. Menurut dia, karnaval menjadi salah satu kegiatan yang akan turut memeriahkan PBTY XVIII 2023 ini. Karnaval yang berdurasi kurang lebih selama 3 jam tersebut, akan dilaksanakan pada 4 Februari 2023 mendatang, mulai pukul 17.30 WIB atau selepas maghrib.

“Nanti karnavalnya tanggal 4 Februari di sore hari. Itu berawal dari Taman Parkir Abu Bakar Ali dan finish-nya di titik nol seperti tahun-tahun yang lalu. Untuk peserta karnaval sudah kita persiapkan. Nanti mungkin kalau masyarakat Jogja ingin menikmatinya bisa di tanggal 4 Februari jam 17.30 setelah maghrib sampai kurang lebih jam 09.00 malam, 3 jam kira-kira durasinya,” papar Sugiarto.

Baca juga: PBTY 2022 Dibuka, Sultan Berharap Warga Tionghoa Ikut Pulihkan Sektor Sosial Dan Ekonomi

Selain itu, tidak hanya karnaval, Sugiarto  mengatakan, dalam penyelenggaraan PBTY XVIII 2023 ini, gabungan 18 Paguyuban Tionghoa Yogyakarta yang menggelar berbagai kegiatan lainnya meliputi pagelaran seni dan budaya, lomba, pameran, dan stand bazar, serta panggung pentas seni selama sepekan. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.