Berita Nasional Terpercaya

Pengusaha Milenial Memanfaatkan Maggot Sebagai Solusi Mengatasi Sampah Organik.

3

MALANG, BERNAS.ID – Siapa yang tak mengenal maggot? Atau mungkin Bahasa Indonesianya adalah larva. Maggot ini sendiri merupakan larva dari sejenis lalat yang memiliki banyak kandungan dan manfaat. Salah satu manfaatnya yakni alternatif untuk mengatasi sampajh organik menumpuk.

Jenis lalat yang digunakan dalam produksi maggot ini sendiri yakni Black Soldier Fly atau disingkat BSF. Pada saat lalat lainnya menjadi vector penyakit. Lalat BSF memiliki manfaat yang baik bagi hewan ternak dan juga sumber protein yang tinggi.

Salah satu usaha yang bergerak dibidang tersebut ialah Ngalamaggot. Berdiri pada bulan Februari 2022, Ngalamaggot berlokasi di Karangploso, Kabupaten Malang. Ngalamaggot merupakan salah satu produsen maggot BSF berasal dari Malang yang menghasilkan berbagai macam variasi produk dari basah hingga kering.

Pendiri dari Ngalamaggot sendiri yakni, Cornelius Aryo Kusumo Wiranto, Muhammad Hafizh Putranto, Muhammad Fahmi, dan Achmad Syahreza Ramadhan mengawali idenya dari tugas karya ilmiah yang dilakukannya pada saat masih menjadi mahasiswa Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya. Aryo beserta rekan lainnya melakukan penelitian mengenai manfaat dari maggot itu sendiri.

“Awalnya tuh, Saya dan teman kampus saya mengikuti lomba karya ilmiah yang membahas tentang pemanfaatan maggot untuk memperdayakan pemuda desa dan juga untuk mengatasi masalah limbah organik, lalu dari karya tulis tersebut, saya mulai terpikirkan nih, Wah! Kayaknya seru juga bisnis maggot, ada duitnya terus juga bisa membantu orang-orang sekitar dan juga bisa menyelesaikan masalah sampah, terutama sampah organik, ” ujar Aryo pada saat ditanya sejarah dari Ngalamaggot.

Seiring berjalannya waktu, Aryo bertemu dengan tiga Founder lainnya dan mulai merencakan strategi yang baik untuk menjalankan bisnisnya. Proses tersebut dimulai dari market research, penetuan lokasi, pengembangan produk, dan lainnya. Itu semua dituangkan dalam Business Model Canvas atau yang lebih dikenal sebagai BMC.

Pangsa pasar utama dari Ngalamaggot ini sendiri yakni peternak ikan lele dan ikan koi. Kedepannya juga, akan diperluas hingga ke konsumen pecinta ikan hias dan juga penggemar reptil.

Strategi lainnya juga didapatkan dari pembelajaran dan pengalaman peternak maggot lainnya. Ditambah, Aryo berserta teman-temannya juga mendapatkan banyak bantuan dari Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Brawijaya. Bahkan, oleh lembaga tersebut, Ngalamaggot diberikan mentor dan juga diberikan pendanaan yang sangat membantu untuk menjalankan operasional perusahaan.

Dengan adanya bantuan tersebut, Ngalamaggot dapat meningkatkan skala bisnisnya ke jenjang yang lebih luas.

“Salah satu anggota tim kami memiliki saudara di Karangploso. Dan saudara tersebut memiliki lahan yang cukup luas, akhirnya kami berdiskusi terkait perizinan penggunaan tempat. Akhirnya, diizinkan. Bahkan, kami juga dibantu untuk dikenalkan kepada orang-orang yang berusaha dibidang maggot. Akhirnya, kami bisa meningkatkan kapasitas produksi hingga 1 ton per bulan,” katanya.

Visi dari Ngalamaggot sendiri yakni “Kami ingin menjadi perusahaan pakan ternak berkelas dunia yang terpercaya dan juga mengedepankan rantai produksi yang berkelanjutan”.

Diturunkan menjadi beberapa misi yakni, 1) Memproduksi pakan ternak yang berkualiatas dan harga kompetitif untuk meningkatkan kesejahteraan peternak. 2) Menciptkan nilai tambah bagi pihak-pihak yang terkait. 3) Mempertimbangkan aspek lingkungan dan sosial dalam menjalankan usaha. 4) Membina hubungan yang baik dengan mitra-mitra kami.

“Harapan kedepannya, kami bukan hanya ingin bermanfaat untuk para shareholder saja atau hanya pemiliknya saja, tapi bisa juga untuk lingkungan dan juga orang-orang yang terlibat di dalam bisnis ini,” pungkas Aryo. (chj)

3 Comments
  1. Lena Yulinar says

    Akhirnya mulai banyak yang memanfaatkan potensi ini dan menjadi bisnis yang luar biasa. Good Job!!

  2. Rafasha says

    Omg baru tauuu larva bisa berguna buat atasi sampah jg! Interesting infoooo

  3. Dina says

    Keren sekali, sungguh inspiratif👍🏻

Leave A Reply

Your email address will not be published.