Berita Nasional Terpercaya

Bupati Sleman Minta Orang Tua Tidak Panik dan Waspada Terkait Isu Penculikan Anak

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Ramai tersiar kabar kasus penculikan anak sekolah dasar (SD) di daerah Maguwoharjo, Depok, Sleman melalui aplikasi perpesanan. Diceritakan ada tiga siswa SD yang hampir diculik, tapi gagal. Bahkan, dikabarkan dua siswa sudah ditandai di bagian lehernya.

Menanggapi kabar simpang siur tersebut, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo meminta agar orangtua tidak perlu panik berlebihan. Ia mengimbau agar para orangtua tetap waspada dan memberikan perhatian untuk antisipasi.

“Saya dengar kabar itu. Tapi terkait kasusnya seperti apa kita serahkan pada kepolisian. Yang jelas saya minta agar para orang tua tetap waspada. Tidak usah terlalu panik karena bisa repot nanti,” tutur Kustini, Kamis (2/2/2023).

Baca Juga ATF Menjadi Ajang Investasi Dan Promosi Pariwisata DIY

Lanjut tambahnya, Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman telah membuat surat edaran tentang Peningkatan Kewaspadaan Pada Pencegahan Kasus Penculikan Anak kepada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Sleman.

“Disdik telah membuat edaran dan ada poin-poin yang diperhatikan oleh pihak sekolah. Harapan kita kejadian itu (penculikan) bisa dicegah karena pengawasannya di sekolah kita minta ditingkatkan,” terang Kustini.

Untuk terhindar dari kasus penculikan, Kustini menyarankan kepada orangtua agar anak-anak dijemput saat jam pulang sekolah. Selain itu juga disarankan agar para siswa dibawakan bekal sendiri dari rumah agar tidak jajan di luar.

“Orang tua juga harus wanti-wanti anaknya agar tidak menerima pemberian dari orang asing, apapun bentuknya,” katanya.

Baca Juga Wakil Bupati Gunungkidul Panen Raya Padi Varietas Ciherang Di Lahan 28 Hektar

Kustini mengaku sudah menjalin komunikasi dengan pihak kepolisian terkait kabar penculikan. Menurutnya, peran aparat  keamanan menjadi penting untuk edukasi masyarakat.

“Kita akan intenskan komunikasi dengan pihak kepolisian karena wilayah Sleman luas. Tentu peran polisi akan sangat membantu dalam membantu memberikan edukasi ke masyarakat agar tidak terprovokasi terhadap isu atau kejadian yang sedang berkembang,” pungkas Kustini. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.