Berita Nasional Terpercaya

Pemkab Sleman Raih Penghargaan dari Ombudsman RI

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Pemerintah Kabupaten Sleman menerima piagam penghargaan Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik 2022 dari Ombudsman RI dengan nilai 91,57, Senin (6/2/2023). Piagam penghargaan diserahkan oleh Kepala Perwakilan Ombudsman RI Yogyakarta, Budhi Masthuri.

Budhi Masthuri mengatakan, penyerahan penghargaan merupakan agenda tahunan yang diberikan Ombudsman RI. Menurutnya, perolehan nilai 91,57, menjadikan Kabupaten Sleman masuk dalam kategori zona hijau kualitas tertinggi sehingga layak untuk diapresiasi.

“Kami sampaikan ucapan selamat kepada Kabupaten Sleman yang berhasil masuk dalam kategori zona hijau. Saya yakin dengan angka 91,57 tersebut tidak mudah untuk mencapainya. Karena masih banyak juga daerah yang mendapatkan hasil di bawah angka 80, sehingga ini layak untuk diapresiasi,” kata Budhi.

Baca Juga ATF Menjadi Ajang Investasi Dan Promosi Pariwisata DIY

Budhi berharap penghargaan tersebut dapat menjadi pemantik untuk Pemerintah Kabupaten Sleman dalam meningkatkan pelayanan. Dengan membangun komunikasi yang sehat bersama masyarakat, Budhi berharap persepsi positif terhadap Kabupaten Sleman pun turut semakin meningkat.

“Saya percaya ini bisa menjadi pemantik untuk meningkatkan pelayanan dengan hati. Semoga tahun depan Sleman bisa mendapat nilai yang lebih tinggi,” ucap Budhi.

Baca Juga Bupati Gunungkidul Resmikan Kantor Klasis Gereja Kristen Jawa

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ombudsman RI yang telah mempercayakan penghargaan tersebut kepada Kabupaten Sleman. Ia menilai apresiasi tersebut menjadi bentuk pencegahan sekaligus mencari solusi terhadap masalah dan hambatan yang ditemui pada sistem pemerintahan.

“Alhamdulillah, hasil penilaian kepatuhan implementasi standar pelayanan oleh Ombudsman RI pada tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Sleman berada di zona hijau. Hasil ini akan menjadi motivasi bagi kami untuk terus berkomitmen dalam memberikan pelayanan publik yang lebih baik di masa yang akan datang,” kata Kustini.

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sleman terus berupaya untuk melakukan peningkatan kompetensi pelaksana dan pemenuhan sarana prasarana pelayanan. Termasuk dengan mengelola pengaduan masyarakat melalui berbagai kanal untuk menghindari terjadi nya mal administrasi.

“Dengan begitu, diharapkan dapat memenuhi harapan masyarakat akan pelayanan publik yang mudah, efisien sesuai standar operasional yang ditentukan,” imbuh Bupati.

Ada 6 OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kabupaten Sleman yang meraih penghargaan, yaitu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dengan nilai 94,27, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dengan nilai 93,21, Puskesmas Gamping 2 dengan nilai 92,72, Puskesmas Ngaglik 1 dengan nilai 89,92, Dinas Sosial dengan nilai 89,67, serta Dinas Pendidikan dengan nilai 89,65. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.