Berita Nasional Terpercaya

Umat Hindu Sleman Lestarikan Alam Kaliurang dalam Upacara Giri Kerti

1

SLEMAN, BERNAS.ID – Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Sleman menggelar upacara Giri Kerti di Taman Kaliurang untuk menyambut peringatan Hari Raya Nyepi 1945 Caka, Sabtu (25/2/2023). Hadir dalam acara Giri Kerti, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo bersama jajaran.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengapresiasi Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Sleman karena menggelar acara Giri Kerti. Menurutnya, Giri Kerti memberikan pelajaran agar manusia dapat menjaga kelestarian alam sebagai bagian dari hubungan yang harmonis antara manusia dengan alam, antara manusia dengan sesama manusia, serta antara manusia dengan Tuhan.

“Saya juga mengajak seluruh
masyarakat untuk menjaga kelestarian alam, terutama Gunung Merapi yang telah banyak menopang kehidupan masyarakat sekitar,” tutur Kustini.

Baca Juga Sleman Siap Menjadi Sentra Tanaman Kopi

Lanjut tambahnya, Pemkab Sleman terus berkomitmen menjadi Rumah Bersama bagi seluruh elemen masyarakat. Menurutnya, keberagaman penduduk di Kabupaten Sleman merupakan kekayaan yang harus dijaga bersama-sama.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Sleman untuk dapat mengedepankan sikap toleransi antarsesama masyarakat terlepas dari berbagai latar belakang yang ada,” tukasnya.

Sementara Marnoko, selaku Ketua Panitia menjelaskan upacara Giri Kerti merupakan rangkaian dari peringatan hari raya Nyepi nasional 1945 Caka. Ia mengatakan Giri Kerti berarti memberi pelayanan kepada gunung atau juga diartikan menjaga kelestarian gunung, alam sekitar, dan melayani sesama makhluk Tuhan.

Baca Juga Gubernur DIY Ajak Tertib Pendataan Karya Budaya

“Di ajaran Hindu, di Yogyakarta ini punya tiga keharmonisan yang harus dilaksanakan, yakni hubungan dengan pantai, hubungan dengan keraton atau tugu, dan hubungan dengan gunung Merapi,” terang Marnoko.

Ia mengatakan upacara peringatan Hari Raya Nyepi tahun 2023 mengangkat tema “Melalui Dharma Agama dan Dharma Negara, Kita Sukseskan Pesta Demokrasi Indonesia”. Acara puncak Nyepi bagi umat Hindu di Kabupaten Sleman dan sekitarnya akan diadakan pada acara Tawur Agung di Candi Prambanan pada 22 Maret 2023. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.