Berita Nasional Terpercaya

Mendag: Kolaborasi Empat Pilar, Kunci Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

0

SEMARANG, BERNAS.ID – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menegaskan komitmennya untuk terus mengembangkan potensi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) karena menjadi kunci pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pengembangan UMKM dilakukan dengan memperkuat ekosistem melalui kolaborasi empat pilar yakni UMKM, lokapasar, ritel modern, dan perbankan.

Komitmen tersebut ditegaskan Mendag Zulkifli Hasan saat menghadiri Forum Bisnis UMKM dengan Ritel Modern, Marketplace, dan Lembaga Pembiayaan di Semarang, Jawa Tengah pada Sabtu (25/2/2023). Kegiatan dihadiri 300 pelaku UMKM yang berasal dari Jawa Tengah dengan produk di antaranya makan minuman dalam kemasan, kriya, fesyen, dan aksesoris.

“Perlu kita bangun ekosistem agar ekonomi cepat tumbuh. Salah satunya dengan kolaborasi pelaku UMKM, ritel modern, lokapasar, lembaga pembiayaan ekspor dan lembaga perbankan,” kata Mendag Zulkifli Hasan.

Baca Juga Bappebti Imbau Masyarakat Waspadai Perdagangan Aset Kripto

Menurut Mendag Zulkifli Hasan, empat pilar tersebut memiliki perannya masing-masing. Ritel modern dapat menampung produk UMKM dan membantu logistik, lokapasar dapat membantu memasarkan produk dari UMKM agar dikenal luas, serta lembaga pembiayaan dan perbankan dapat membantu permodalan agar dapat menembus pasar ekspor.

“Dengan dibangunnya ekosistem bisnis ini, diharapkan UMKM semakin besar dan menyerbu pasar- pasar internasional, barulah kita bisa menjadi negara maju,” ujar Mendag.

Baca Juga Kemendag Sebut Nilai Ekspor Etanol Tumbuh Signifikan

Mendag Zulkifli Hasan mengungkapkan pada 2022, Indonesia mengalami pertumbuhan yang menggembirakan. Pada periode ini, ekonomi Indonesia tumbuh 5,31 persen. Selain itu, Indonesia mengalami surplus perdagangan mencapai USD 54,46 miliar. “Ini semua salah satunya karena peran UMKM yang memiliki kontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia,” tuturnya.

Mendag Zulkifli Hasan berharap dengan dibangunnya ekosistem bisnis dapat menyejahterakan pelaku UMKM serta memajukan Indonesia. “Tugas Pemerintah mendukung UMKM maju dan berkembang. UMKM maju, Indonesia maju,” tukasnya. ((at)

Leave A Reply

Your email address will not be published.