Berita Nasional Terpercaya

Para Nakes Perankan Tokoh Wayang Sambut Dies Natalis FK-KMK UGM

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Temu alumni dalam rangka Dies Natalis ke-77 FK-KMK UGM menggelar pertunjukkan wayang orang dengan judul “Mbangun Pertapan Saptaharga”, di halaman Gedung Tahir Fakultas Kedokteran, Sabtu malam (4/3/2023). Pertunjukkan ini menggambarkan upaya dari para alumni dan sivitas dalam membangun fasilitas pendidikan kesehatan yang komprehensif.

Ketua Panitia, Kondang Usodo mengatakan pertunjukkan wayang orang “Mbangun Pertapan Saptaharga” menceritakan Pandawa yang membangun pertapan Saptaharga secara fisik dan nonfisik, utuh dan sempurna, serta merayakan ulang tahun ke-77 pertapan Saptaharga. Pembangunan pertapaan ini sebagai wujud penghormatan para Pandawa yang tidak pernah melupakan tempat belajar dan jasa gurunya.

“Lakon ini menggambarkan upaya para alumni dan sivitas akademika FK-KMK UGM dalam membangun fasilitas pendidikan kesehatan yang komprehensif. Di FK-KMK UGM, ada Departemen Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan yang saling bersinergi menjadi satu untuk melangkah ke depan yang lebih baik dan maju,” kata Kondang.

Baca Juga Mendag Optimis Indonesia Mampu Hadapi Perlambatan Ekonomi 2023

Secara online, Ketua Umum PP Kagama sekaligus Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo turut mengucapkan selamat ulang tahun ke-77 kepada FK-KMK UGM dan mengapresiasi Kagama Kedokteran yang sudah berkontribusi di banyak bidang. “Semoga temu alumni ini, selain sebagai ajang kangen-kangenan, juga keluar ide-ide untuk menuntaskan problem-problem kesehatan di Tanah Air,” ujarnya.

Rektor UGM, Prof Ova Emilia mengatakan, pergelaran wayang orang dari alumni dan civitas FK-KMK akan memperkaya khasanah budaya UGM sebagai pusat kebudayaan karena telah berkomitmen melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Indonesia. “Semoga, kita semua mampu membangun semangat kolaboratif untuk menyatukan langkah bersama menuju arah pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas di masa mendatang,” ucapnya.

Baca Juga DKP Gunungkidul Lepas 400 Ribu Benih Ikan Ke 20 Telaga

Para pemeran wayang diperankan para alumni lintas angkatan dan sivitas akademika FK-KMK UGM, seperti Hasto Wardoyo (Kepala BKKBN) sebagai Semar, Darwito (Dirut RSA UGM) sebagai Bagong, Budi Yuli (Ketua Departemen KKV FK-KMK UGM) sebagai Prabu Baladewa, Yodi Mahendradhata (Dekan FK-KMK UGM) sebagai Raden Puntadewa, Tri Wibawa (Ketua Senat FK-KMK UGM) sebagai Resi Bhisma, Novita Krisnaeni (Dirut RSUD Sleman) sebagai istri Bagong, Budi Sulistya (Dirut RSPAD Gatot Subroto) sebagai Raden Werkudara dengan dalang Wigung Wratsangka.

Temu Alumni juga dimeriahkan persembahan keroncong dari para alumni, persembahan lagu ‘Satukan Hati, Wujudkan Impian’, Paduan Suara Interna Voice, Tari Sampur Kuning, Line Dance FK-KMK UGM, Macapat Dandhanggula. Ada pula pemberian penghargaan Alumni Berprestasi 2023. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.