Berita Nasional Terpercaya

Ketersediaan Ikan Konsumsi di Sleman Mencukupi untuk Ramadhan dan Lebaran

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Produksi ikan konsumsi di Kabupaten Sleman tahun 2022 mencapai 54.968 ton sehingga mengalami peningkatan 0,45 persen, dari tahun 2021. Jumlah tersebut mampu menyuplai 60 persen ikan konsumsi di Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Peningkatan ini menandakan perikanan Sleman telah bangkit kembali setelah mengalami penurunan selama Covid-19,” ujar Suparmono, Kepala Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan (DPPP) Kabupaten Sleman, Senin (6/3/2023).

Baca Juga DKP Gunungkidul Lepas 400 Ribu Benih Ikan Ke 20 Telaga

Suparmono menuturkan, tren produksi ikan konsumsi di awal tahun 2023 mengalami peningkatan secara stabil. Dari data DPPP Sleman, produksi ikan nila konsumsi pada bulan Februari sebanyak 611,215 ton. Sedangkan estimasi ketersediaan ikan konsumsi di bulan Maret sebanyak 680,790 ton dan di bulan April sebanyak 907,509 ton.

“Dengan demikian ketersediaan ikan konsumsi menjelang ramadan dan lebaran tercukupi. Tren ini diprediksi berlanjut seiring dengan banyaknya permintaan konsumen dan tingginya minat membudidayakan ikan,” jelas Suparmono.

Untuk menjaga keseimbangan, Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan melakukan akselerasi program di tahun 2023. Target produksi ikan konsumsi di Kabupaten Sleman tahun 2023 di angka 55.044 ton.

“Target tersebut didukung dengan pagu anggaran sebesar Rp 7.894.336.000,- bersumber dari APBD Kabupaten Sleman dan DAK Kementerian Kelautan dan Perikanan,” ungkap Suparmono.

Berbagai program telah direncanakan dan dilaksanakan di awal tahun 2023. Kegiatan tesebut antara lain Penyediaan calon induk unggul, Rehabilitasi Unit perbenihan, Bedah Unit Pengolahan Ikan, penebaran ikan di perairan umum, dan pengadaan sarana budidaya ikan air tawar.

Kegiatan lain yang diharapkan mampu mendukung pencapaian target produksi ikan konsumsi yaitu pelatihan dan pendampingan sarana prasarana budidaya. “Tahun 2023 Bidang Perikanan Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan siap melaksanakan 54 angkatan pelatihan baik budidaya maupun pengolahan serta pendampingan sarana prasarana budidaya di 54 lokasi diseluruh wilayah Kabupaten Sleman,” jelas Suparmono lagi.

Dukungan masyarakat juga sangat kuat melalui 675 kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) yang ada di Sleman dengan penggunaan teknologi terbaru. Teknologi dalam rangka meningkatkan produksi dan produktivitas lahan budidaya terus dikembangkan dengan berbagai inovasi.

“Teknologi Sibudidikucir (Sistem Budidaya Ikan dengan Kincir Air) masih menjadi pilihan teknologi oleh masyarakat perikanan Sleman. Pada tahun 2022 mulai terasa geliat penerapan teknologi bioflok dalam budidaya ikan nila dan lele. Di tahun 2023, teknologi bioflok di kolam permanen berukuran kecil terus dikaji. Hasil sementara menunjukan ada peningkatan produksi dan memberikan keuntungan secara ekonomi yang lebih besar bagi pembudidaya ikan,” imbuh Suparmono.

Baca Juga Bappebti Imbau Masyarakat Waspadai Perdagangan Aset Kripto

Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan berupaya mempersiapkan diri dengan kemungkinan serangan hama dan penyakit pada usaha budidaya ikan melalui penyediaan vitamin dan probiotik yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha budidaya .

“Sehingga harapannya usaha budidaya ikan memberikan hasil optimal dan permintaan masyarakat terhadap protein hewani dari komoditas perikanan,” tukas Suparmono.

Sementara, untuk jenis ikan, Nila merah masih menjadi komoditas unggulan di Kabupaten Sleman. Permintaan yang cukup besar terutama menjelang Ramadan dan Lebaran akan mampu terpenuhi karena secara simultan pelaku perikanan memanfaatkan kedua momen tersebut untuk meningkatkan produksi mereka.

Saat ini harga yang berlaku dipasaran untuk komoditas bila, yaitu sebesar 30.000/kg, lele 24.000/kg, gurami 45.000/kg, dan bawal 18.000/kg. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.