Berita Nasional Terpercaya

Bongkar Mafia Perdagangan Manusia, Romo Paschal Malah Dipolisikan Oknum BIN

0

KEPRI, BERNAS.ID – Nama aktivis HAM Batam, Romo Paschal, kini tengah ramai diperbincangkan. Ia dilaporkan oleh pejabat Badan Intelijen Negara (BIN) Kepri, Bambang Panji ke Polda Kepri, akhir Februari 2023.

Paschal dilaporkan atas pencemaran nama baik. Bambang sendiri tak terima namanya dikaitkan oleh Romo Paschal terkait kasus pengiriman pekerja migran Indonesia (PMI) ilegal. Kasus ini tengah bergulir di Polda Kepri saat ini.

Ketua Komisi Keadilan dan Perdamaian Pastoral Migran dan Perantau (KKPPMP), Chrisanchtus Paschalis Saturnus atau yang akrab disapa Romo Paschal, tengah memberikan Klarifikasi di Ditreskrimum Polda Kepri, Selasa (7/3/2023).

Klarifikasi tersebut atas laporan tuduhan pencemaran nama baik yang dilayangkan oleh Wakil Kepala BINDA Kepri, Kolonel Bambang Panji Prianggodo dalam bentuk Pengaduan Masyarakat (Dumas). Romo Paschal diperiksa Polda Kepri selama kurang lebih 10 jam, terhitung mulai pukul 14.20 hingga pukul 00.20 WIB.

“Kita saat ini sedang di Polda Kepri untuk memenuhi undangan klarifikasi atas laporan terhadap Romo Paschal mengenai dugaan atas tindakan pencemaran sebagaimana yang disangkakan dalam Pasal 310 dan 311,” ujar Pusat Bantuan Hukum (PBH) Peradi Batam, perwakilan tim Penasehat Bambang Yulianto, SH, sambil menjelaskan bahwa pihaknya belum bisa memberikan keterangan lebih detail.

Baca juga: Coba Mengadu Nasib, 23 WNI Jadi Korban Perdagangan Manusia

Sebelumnya, Akun Twitter Komunitas Katolik Garis Lucu (@KatolikG) pada 5 Maret 2023 membuat cuitan yang mengejutkan.

“Kejahatan Perbudakan Manusia Harus ditiadakan sampai tuntas,” cuit @KatolikG.

“Romo Pascal yang aktif melakukan perlindungan terhadap korban perdagangan orang kini mendapatkan perlakuan tidak adil oleh aparat negara di Batam, Provinsi Kepulauan Riau,” lanjutnya.

Sebelumnya pada 11 Januari 2023, ia juga membuat cuitan mengenai indikasi adanya aktivitas mafia perdagangan manusia.

“Salah satu cara kerja mafia perdagangan manusia adalah membuat tuduhan palsu dan menyesatkan guna menjatuhkan para pemerhati agar tidak lagi menghalangi bisnis haram mereka. Kita tidak boleh diam! Mari gerak bersama melawan kebatilan. Bantu Romo Paschal!” cuitnya pada 11 Januari 2023.

Baca Juga: LPSK Peringati Hari Anti Perdagangan Manusia Sedunia Di Jalan Malioboro Hingga Titik Nol

Dikomentari @benedictsakti pada 11 Januari 2023, ia bersaksi bahwa keluarganya hampir menjadi korban perdagangan manusia. Namun ia dibantu oleh Romo Paschal saat dalam proses di pengadilan.

“Ini adik sepupu saya hampir jadi korban. Sudah mau ikut berangkat. Kemarin orang tua saya ikut hearing sama pengadilan, pengacara, NGO, dan konsulat AS di pengadilan Batam tentang kasus (human) trafficking. Romo Paschal justru menampung, mengurusi, dan kasih makan gratis untuk para Korban,” ungkapya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.