Berita Nasional Terpercaya

Pemkab Sleman Telah Siapkan Skenario Jika Merapi Erupsi Besar

8

SLEMAN, BERNAS.ID – Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengatakan Pemerintah Kabupaten Sleman telah menyiapkan skenario antisipasi jika Gunung Merapi mengalami erupsi dalam skala besar. Nantinya, skenario akan dilakukan dengan mengevakuasi warga di wilayah KRB (Kawasan Rawan Bencana) III.

“Kita tidak bisa menyepelekan alam, meskipun saat ini sesuai rekomendasi dari BPPTKG jarak aman di wilayah selatan 5 Kilometer dan barat di 7 Kilometer. Tapi jika memang statusnya meningkat, sudah kita siapkan skenarionya,” tutur Kustini, Senin (13/3/2023).

Baca Juga Pasca Erupsi Gunung Merapi, Warga Masih Bisa Beraktivitas Pada Jarak Aman

Kustini menyebut setidaknya ada sekitar 7 kalurahan di wilayah KRB III seperti Kepuharjo, Umbulharjo, Glagaharjo, Hargobinangun, Purwobinangun, Girikerto dan Wonokerto. “Pioritas evakuasi kelompok rentan seperti lansia, anak-anak, difabel, ibu hamil dan ibu menyusui,” jelasnya.

Untuk mobilitas warga, pihak Pemkab Sleman melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan instansi terkait telah mengecek di lapangan dan semuanya dalam kondisi siap.

“Kendaraan untuk mobilitas di setiap wilayah sudah ada. Mulai dari truk, pick up, ada yang mobil pribadi dan kendaraan roda dua semua sudah standby,” terang Kustini.

Pihaknya menegaskan kesiapan barak pengungsian untuk digunakan apabila kondisi darurat berlangsung. Setidaknya ada sekitar 40 barak pengungsian dan non barak pengungsian yang dikelola oleh pemerintah.

“Kondisi barak pengungsian baik utama dan penyangga sudah siap, kebutuhan logistik dari dapur umum juga sudah siap jika darurat. Dan seluruh relawan dari tagana juga (siap),” ujar Kustini.

Baca Juga Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas Guguran, Potensi Bahaya 7 Kilometer

Lanjut tambahnya, sejumlah warga yang berada di wilayah KRB III akan terus melakukan jaga malam atau ronda. Warga juga intens melakukan komunikasi melalui radio.

“Jaga malam masih jalan. Komunikasi intens terkait pengamatan gunung kalau ada apa-apa langsung dilaporkan. Alhamdulilah (ronda malam) ini sudah dilakukan secara sadar sejak dulu apabila ada tanda-tanda dari Merapi tanpa perlu ada perintah,” bebernya.

Terkait kondisi terkini Gunung Merapi saat ini, Kustini tetap meminta masyarakat agar tetap tenang dan selalu waspada. “Kita pantau terus pengamatan dari BPPTKG seperti apa. Yang penting saat ini tetap tenang dan waspada. Jangan sampai ada yang beraktifitas dari zona berbahaya yang sudah ditetapkan dan hindari sementara wilayah sungai,” pungkasnya. (jat)

8 Comments
  1. […] Baca Juga Pemkab Sleman Telah Siapkan Skenario Jika Merapi Erupsi Besar […]

  2. […] Baca Juga Pemkab Sleman Telah Siapkan Skenario Jika Merapi Erupsi Besar […]

  3. […] Baca Juga Pemkab Sleman Telah Siapkan Skenario Jika Merapi Erupsi Besar […]

  4. […] Baca Juga Pemkab Sleman Telah Siapkan Skenario Jika Merapi Erupsi Besar […]

  5. […] Baca Juga Pemkab Sleman Telah Siapkan Skenario Jika Merapi Erupsi Besar […]

  6. […] Baca Juga Pemkab Sleman Telah Siapkan Skenario Jika Merapi Erupsi Besar […]

  7. […] Baca Juga Pemkab Sleman Telah Siapkan Skenario Jika Merapi Erupsi Besar […]

  8. […] Baca Juga Pemkab Sleman Telah Siapkan Skenario Jika Merapi Erupsi Besar […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.