Berita Nasional Terpercaya

Stok Pupuk di Kabupaten Gunungkidul Dipastikan Aman

0

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID – Bupati Gunungkidul memastikan stok pupuk bersubsidi untuk masyarakat Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta aman. Kepastian tersebut dipastikan usai Bupati meninjau sejumlah distributor pupuk, Senin (13/3/2023).

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan, pada awal musim tanam pihaknya memastikan ketersediaan pupuk bersubsidi. Tahun 2023 pupuk bersubsidi hanya terdiri dari dua jenis yakni Urea dan NPK. “Alokasi pupuk bersubsidi 2023 meningkat jika dibandingkan dengan tahun lalu. Urea mencapai 23.534,00 ton sementara NPK 12.102,00 ton,” katanya.

Baca Juga BPBD Sleman Siap Evakuasi Warga Lereng Merapi

Bupati mengajak seluruh pihak ikut mengawasi distribusi pupuk bersubsidi agar tidak disalah gunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Dalam sidak tersebut Bupati juga mengumpulkan distributor pupuk bersubsidi.

“Saya juga tanyakan kendala apa yang membuat masyarakat kesulitan mendapatkan pupuk, menurut penuturan distributor salah satunya masih kesulitan menggunakan aplikasi,” ujar Sunaryanta.

Menurutnya, pemerintah memberikan pupuk bersubsidi kepada para petani dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional, kemudian pendistribusiannya petani harus terdaftar dan memiliki kartu tani yang terintegrasi dengan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK).

“Kita berupaya keras berkomunikasi dengan pusat untuk mendapatkan pupuk bersubsidi, tahun ini jumlah lebih banyak dari tahun lalu. Ini salah satu komitmen pemerintah Kabupaten Gunungkidul dalam membantu kesejahteraan petani,” kata Bupati.

Baca Juga Pemkab Sleman Telah Siapkan Skenario Jika Merapi Erupsi Besar

Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Raharjo Yuwono mengatakan, realisasi pupuk bersubsidi hingga Bulan Februari 2023 untuk Urea mencapai 1.355 ton atau 6 persen. Sementara untuk NPK mencapai 1.163 ton atau 10 persen. “Untuk stok di gudang untuk Urea saat ini 1.332 ton sementara NPK 770 ton,” ucapnya.

Untuk memastikan stok pupuk tersebut, Bupati melakukan kunjungan dua distributor di wilayah Kapanewon Playen dan Gedangsari. Hadir dalam kesempatan ini, dari Polres Gunungkidul, Panewu, dan perwakilan distributor di Gunungkidul. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.